ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

Janah, Dian Uslifatul (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Teori Polya, Gaya Kognitif, Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika terhadap gaya kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi gaya kognitif siswa dan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelasdalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil sampel kelas X.2 SMA N 10 Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket Group Embedded Figure Test(GEFT), tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Sedangkan instrumen penelitian terdiri dari angket GEFT, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Angket GEFT dan tes kemampuan pemecahan masalah divalidasi oleh para ahli. Kemudian tes kemampuan pemecahan masalah diuji cobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya siswa pada masing-masing kemampuan siswa ditinjau dari Gaya Kognitif, dimana 56% berada pada tipe field dependent, dan 44% siswa berada pada tipe field independent.Kemampuan pemecahan masalah siswa field dependent berada pada tingkat 2 dan 3, dimana siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat 2dapat melakukan dengan benar hanya pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana, sedangkan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat 3 dapat melakukan dengan benar hanya pada tahap memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa field dependent tidak mampu memecahkan masalah menggunakan tahapan Polya dengan benar. Kemampuan pemecahan masalah siswa field independent berada pada tingkat 4, dimana siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat 4telah mampu memecahkan masalah menggunakan tahapan Polya dengan benar.Dengan adanya penelitian ini, diharapkan guru mata pelajaran matematika dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan berkualitas berdasarkan gaya kognitif masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:07
Last Modified: 30 Dec 2016 04:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6370

Actions (login required)

View Item View Item