PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII A SMP WALISONGO SEMARANG

Rokhmah, Rofingatur (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII A SMP WALISONGO SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Kemampuan menulis teks berita, model pembelajaran group investigation. Kemampuan menulis teks beritamerupakan salah satu materi yang harus dipelajari siswa kelas VIII SMP Walisongo Semarang.Selain guru yang berkompeten, juga diperlukan model yang tepat dalam pembelajaran menulis teks berita. Rata-rata nilai kelas pada siklus I belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Maka diperlukan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan nilai siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana peningkatan hasil belajar, (2) bagaimana peningkatan sikap belajar, dan (3) bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIIISMP Walisongo Semarang dalam menulis teks berita menggunakan model pembelajaran group investigation, serta (4) bagaimana peningkatan kinerja guru dalam menulis teks berita menggunakan model pembelajaran group investigation. Tujuan penelitian ini untuk mendeskipsikan peningkatan hasil belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan sikap belajar siswa, dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa, serta mendeskripsikan peningkatan kinerja guru dalam menulis teks beritamenggunakan modelpembelajaran group investigation. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A SMP Walisongo Semarang. Variabel penelitian ini adalah menulis teks berita, model pembelajran group investigation. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik tes dan nontes, yang terdiri atas pengamatan atau observasi, wawancara, jurnal, kuesioner atau angket dan dokumentasi foto. Hasil tes tahap siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 50,28, pada tahap siklus II mencapai nilai rata-rata 58,86, dan pada tahap siklus III mencapai nilai rata-rata 79,28. Sedangkan hasil nontes sikap belajar tahap siklus I nilai rata-rata 48,86, tahap siklus IInilai rata-rata 54,46, dan tahap siklus IIInilai rata-rata 56,60. Hasil motivasi siswa pada tahap siklus Inilai rata-rata 54,47, pada tahap siklus IInilai rata-rata 55,07 dan pada tahap siklus III nilai rata-rata 56,60. Hasil angket kinerja guru pada tahap siklus I jumlah skor 67, pada tahap siklus II jumlah skor 74 dan pada tahap siklus III jumlah skor 79. Berdasarkan hasil tes dan nontes, nilai siswa meningkat.Siswa juga lebih antusiasuntuk mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model pembelajaran group investigation. Oleh karena itu, hendaknnya guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Walisongo Semarang menerapkan model pembelajaran group investigation dalam pembelajaran menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Dec 2016 08:01
Last Modified: 19 Dec 2016 08:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6271

Actions (login required)

View Item View Item