PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SD NEGERI 02 TRAYU

Indriasita, Yola (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SD NEGERI 02 TRAYU. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dikelas IV SD Negeri 02 Trayu, kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan menulis karangan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SD Negeri 02 Trayu. Hal ini terjadi karena kurangnya kemampuan untuk menggali ide-ide dan kemampuan menuangkan ide-ide tersebut ke dalam bentuk tulisan dengan kaidah yang baik dan benar. Oleh karena itu, peneliti berupaya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang merupakan salah satu model pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas IV sebanyak 34 siswa terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, dilaksanakan dibulan januari 2016 pada semester genap tahun ajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi, lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian Siklus I dan II berkaitan dengan peningkatan kemampuan menulis karangan deskriptif. Adapun hasil penelitian terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan model Think Pair Share telah menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,69. Pada siklus II diperoleh rata-rata 77,64. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif di kelas IV SD Negeri 02 Trayu. Kata Kunci : Menulis Karangan Deskriptif, Model Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:14
Last Modified: 04 Oct 2016 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item View Item