Kismayanti, Yupi (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI INFORMASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MEDIA VIDEO DIALOG INTERAKTIF MATA NAJWABERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
cover_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci :Informasi, Inkuiri, Video dialog interaktif. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menceritakan kembali isi informasi siswa kelas X-2 SMA Islam Sultan Agung 3 masih kurang. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran menceritakan kembali isi informasi, siswa kurang termotivasi untuk menceritakan kembali isi informasi, dan siswa kurang percaya diri dalam menceritakan kembali isi informasi. Berdasarkan paparan di atas, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menceritakan kembali isi informasi siswa kelas X-2 SMA Islam Sultan Agung 3 setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali isi informasi dengan model pembelajaran inkuiri dan media video dialog interaktif Mata Najwa, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menceritakan kembali isi informasi, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X-2 SMA Islam Sultan Agung 3 setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali isi informasi dengan model pembelajaran inkuiri dan media video dialog interaktif Mata Najwa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas X-2 SMA Islam Sultan Agung 3 yang berjumlah 34 siswa. Variabel penelitian dibagi menjadi dua yaitu variabel keterampilan menceritakan kembali isi informasi dan variabel penggunaan model pembelajaran inkuiri dan media video dialog interaktif Mata Najwa. Instrumen penelitian instrumen tes dan instrumen nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian inimenunjukkan adanya peningkatan keterampilan menceritakan kembali isi informasi siswa kelas X-2 SMA Islam Sultan Agung 3. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 62,97 dengan kategori cukup, siklus I nilai rata-rata kelas 73,64 kategori baik, dan siklus II 85,73 dengan kategori sangat baik, peningkatan dari prasiklus, siklus I ke siklus II sebesar 12,09%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agarpembelajaran menceritakan kembali isi informasi dengan model pembelajaran inkuiri dan media video dialog interaktif Mata Najwa dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk mengajar materi menceritakan kembali isi informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 02:30 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 02:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5296 |
Actions (login required)
View Item |