PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALY), DAN LT (LEARNING TOGETHER) PADA MATERI MENULIS PESAN SINGKAT SISWA KELAS VII

Septianingrum, Luthfita (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALY), DAN LT (LEARNING TOGETHER) PADA MATERI MENULIS PESAN SINGKAT SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: studi komparasi, TAI, LT, menulis, pesan singkat. Penelitian ini berjudul Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualy), dan LT (Learning Together) pada Materi Menulis Pesan Singkat Siswa Kelas VII. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah masih adanya siswa dengan nilai dibawah KKM, dan bagaimana sikap dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbandingan hasil belajar model TAI dan LT. (2) Mengetahui perbandingan sikap belajar model TAI dan LT. (3) Mengetahui perbandingan motivasi belajar model TAI dan LT. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pemilihan model pembelajaran. Motode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian studi komparasi. Diperoleh besarnya kontribusi sikap belajar LT terhadap hasil belajar dilihat dari nilai R square sebesar 0,029=2,9%, artinya sikap belajar memengaruhi hasil belajar sebesar 2,9% sedangkan ada variabel lain yang berpengaruh sebesar 97,1%. Besarnya kontribusi sikap belajar TAI terhadap hasil belajar dilihat dari nilai R square sebesar 0,010=1,0 %, artinya sikap belajar memengaruhi hasil belajar sebesar 1,0% sedangkan ada variabel lain yang berpengaruh sebesar 99%. Besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar LT dilihat dari nilai R square sebesar 0,102 = 10,2%, artinya motivasi belajar memengaruhi hasil belajar sebesar 10,2% sedangkan ada variabel lain yang berpengaruh sebesar 89,8%. Dan besarnya kontribusi sikap belajar terhadap hasil belajar TAI dilihat dari nilai R square sebesar 0,008=0,8 %, artinya motivasi belajar memengaruhi hasil belajar sebesar 0,8% sedangkan ada variabel lain yang berpengaruh sebesar 99,2%. Adanya perbedaan tersebut tidak lepas dari bagaimana jalannya diskusi dan kepedulian siswa terhadap belajar berkelompok itu sendiri. Hasil penelitian didapati (1) Hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe Learning Together lebih tinggi dengan rata-rata 91,88, dibandingkan hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualy yakni 89,06 dengan ketuntasan belajar masing-masing 100%. (2) Sikap belajar kelompok Team Assisted Individualy lebih baik dengan rata-rata sikap belajar 60,78%, dibanding kelompok Learning Together dengan rata-rata sikap belajar 58,94% meski secara klasikal keduanya masuk dalam kategori sikap belajar baik. (3) Sedangkan motivasi belajar kelompok Learning Together lebih baik dengan rata-rata motivasi belajar 66,53%, dibanding kelompok Team Assisted Individualy dengan rata-rata motivasi belajar 65,56% meski secara klasikan masih masuk dalam kategori motivasi belajar baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Sep 2016 02:30
Last Modified: 23 Sep 2016 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item