MU’ASHOMAH, HIKAYATUL (2012) HUBUNGAN KONSEP DIRI POSITIF DENGAN KECEMASAN MENJELANG UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMA SULTAN AGUNG DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional pada siswa di SMA Sultan Agung Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SMA Sultan Agung I Semarang dan sampel penelitian ini adalah siswa Kelas III sebanyak 366 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Metode pengumpulan data yang dipergunakan untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah Skala. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah teknik korelasi product moment dari Pearson Hasil uji coba daya beda skala kecemasan pada aspek motorik, somatik, kognitif, afektif dan sosial pada siswa menunjukkan dari 50 aitem terdapat 39 aitem yang berdaya beda tinggi dan 11 aitem daya beda yang rendah. Koefisien daya beda skala kecemasan siswa yang mempunyai daya beda tinggi berkisar antara 0,323 – 0,644. Hasil uji coba daya beda skala konsep diri pada aspek fisik, psikis, sosial dan moral terdapat 33 aitem yang berdaya beda tinggi dan 7 aitem daya beda yang rendah. Koefisien daya beda skala konsep diri yang mempunyai daya beda tinggi berkisar antara 0,317 – 0,717. Uji normalitas menggunakan teknik Kolmogorov-Smirnov Z. Berdasarkan uji normalitas terhadap data konsep diri positif didapatkan nilai K-S Z = 0,957 dengan p= 0,143 (p > 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebaran data konsep diri positif memiliki distribusi normal. Uji normalitas terhadap data kecemasan didapatkan nilai K-S Z = 0,969 dengan p= 0,129 (p>0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebaran data kecemasan memiliki distribusi normal. Hasil penghitungan statistik diperoleh nilai r = -0,769 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara konsep diri positif dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Semakin tinggi konsep diri maka kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional semakin rendah, sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima . Kata kunci : konsep diri positif, kecemasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 03:23 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 03:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3962 |
Actions (login required)
View Item |