Sibagariang, Joshua (2024) PERAN BRAND IMAGE MEWUJUDKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Manajemen_20402300114_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Manajemen_20402300114_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran brand image dalam mewujudkan keputusan pembelian dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh lifestyle dan e-marketing mix terhadap brand image, serta pengaruh keduanya terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares (PLS). Hasil uji pengaruh langsung menunjukkan bahwa gaya hidup tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t-statistic = 0,575; p-value = 0,566). Sebaliknya, e-marketing mix memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t-statistic = 2,041; p-value = 0,041). Lifestyle juga tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap brand image (t-statistic = 1,475; pvalue = 0,174), sementara e-marketing mix memiliki pengaruh signifikan terhadap brand image (t-statistic = 5,733; p-value = 0,000). Brand image sendiri terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t-statistic = 4,758; pvalue = 0,000). Hasil uji indirect efect menunjukkan bahwa brand image memediasi pengaruh e-marketing mix terhadap keputusan pembelian secara signifikan (tstatistic = 3,606; p-value = 0,000), sementara brand image tidak mendukung mediasi lifestyle terhadap keputusan pembelian (t-statistic = 1,334; p-value = 0,182). Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya e-marketing mix dan brand image dalam mempengaruhi keputusan pembelian. E-marketing mix yang efektif dapat memperkuat brand image dan pada gilirannya mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara positif. Sebaliknya, lifestyle tidak berkontribusi signifikan terhadap keputusan pembelian atau brand image dalam konteks penelitian ini. Oleh karena itu, perusahaan harus fokus pada pengembangan strategi e-marketing mix dan penguatan brand image untuk meningkatkan keputusan pembelian pelanggan. Kata Kunci: Brand Image, Keputusan Pembelian, Lifestyle, E-Marketing Mix.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37074 |
Actions (login required)
View Item |