Analisis Pengendalian Kualitas Statistik sebagai Upaya Mengendalikan Tingkat KErusakan Produk (Studi KAsus pada PT. Masscom Graphy Semarang)

Asrofudin, Asrofudin (2012) Analisis Pengendalian Kualitas Statistik sebagai Upaya Mengendalikan Tingkat KErusakan Produk (Studi KAsus pada PT. Masscom Graphy Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

PT. Masscom Graphy adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan dan penerbitan dengan produk utamanya yaitu surat kabar Suara Merdeka yang merupakan surat kabar andalan masyarakat Jawa Tengah. Demi menjaga kepercayaan konsumen untuk menghasilkan produk yang berkualitas, sejak tahun 2003 perusahaan telah memperoleh sertifikat ISO 9001 : 2000 sebagai pengakuan bahwa perusahaan telah menerapkan manajemen mutu yang baik dan sesuai dengan pedoman standar mutu yang berlaku. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian kualitas menggunakan alat bantu statistik bermanfaat dalam upaya mengendalikan tingkat kerusakan produk di perusahaan. Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan alat bantu statistik berupa check sheet, histogram, peta kendali p, diagram pareto dan diagram sebab-akibat. Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Hal ini dapat dilihat pada grafik kendali dimana titik berfluktuasi sangat tinggi dan tidak beraturan, serta banyak yang keluar dari batas kendali. Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kerusakan yang dominan yaitu warna kabur(34,09%), tidak register (23,10%) dan terpotong (17,93 %). Dari analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab cacat/reject berasal dari faktor manusia/ pekerja, mesin produksi, metode kerja, material/ bahan baku dan lingkungan kerja, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan dengan menggunakan metode 5W-1H. Kata kunci : Pengendalian Kualitas, Alat Bantu Statistik, Metode 5W-1H.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Users 727 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 03:18
Last Modified: 15 Mar 2016 03:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item