PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK (Studi Kasus Pada UMKM Tenun di Troso Jepara Jawa tengah)

IFANI, WILDA NUR (2023) PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK (Studi Kasus Pada UMKM Tenun di Troso Jepara Jawa tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401900337_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
Manajemen_30401900337_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari pembuatan artikel ini yaitu untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (Explanatory research). Penelitian ini untuk menguji hipotesis yang diajukan, dengan harapan penelitian ini dapat menjelaskan hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat dalam hipotesis. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Seluruh pelaku UMKM yang memproduksi produk tenun yang ada di Kabupaten Jepara. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan, orientasi kewirausagaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pelanggan berpengaruh positif terhadap Inovasi Produk. Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif terhadap Inovasi Produk Kata Kunci: orientasi pelanggan, orientasi kewirausahaan, kinerja pemasaran, inovasi produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:42
Last Modified: 08 Nov 2023 01:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32832

Actions (login required)

View Item View Item