KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK.

MUKHOYAROH, MUKHOYAROH (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kenyataan banyak siswa yang takut dengan matematika, siswa menilai bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, dengan ketidaksukaan siswa terhadap pelajaran matematika menyebabkan siswa tidak mau dan enggan mempelajarinya, akibatnya ketika siswa didalam kelas mengikuti proses belajar mengajar siswa kurang aktif, kurang memperhatikan penjelasan guru, sehingga prestasi belajar siswa rendah. Maka dari itu guru perlu menciptakan situasi pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif, dan kreaù � �� ï�� � � •� ù� jaran Snowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif, sehingga siswa lebih semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk “Mengetahui bahwa model pembelajaran Snowball Throwing efektif terhadap prestasi belajar siswa pada materi segiempat siswa kelas VII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan sampel kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing, dan kelas VII B segai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Make A Match. Data yang diperoleh menggunakan (1) metode dokumentasi, (2) metode observasi. dan (3) metode tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata – rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen, menggunakan uji t satu sampel adalah 79,75 dimana rata – rata prestasi bel�� � Þ� �� � •�ù �ut mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 75 . (2) prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, menggunakan uji t dua sampel dimana nilai sig. (2-tailed) adalah 0,139 > 0,05. (3) untuk mengetahui adanya pengaruh aktivitas pada model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi segiempat digunakan uji regresi linier sederhana, pengaruh didapat dari R Square 0,670 artinya variabel aktivitas memberi pengaruh sebesar 67% melalui model persamaan regresi y = -29.696 + 1.423 x. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing efektif terhadap prestasi belajar siswa pada materi segiempat kelas VII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak tahun pelajaran 2014 / 2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:13
Last Modified: 16 Feb 2016 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3105

Actions (login required)

View Item View Item