Alvaini, Ade Ayu (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN KONFORMITAS DENGAN PERILAKU AGRESI PADA SISWA SMK X KOTA TEGAL. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Perilaku agresi adalah bentuk perilaku individu bertujuan untuk menyakiti baik secara psikis maupun fisik sehingga merugikan bagi individu yang merasa disakiti atau dihina. Faktor yang di duga kuat memperngaruhi perilaku agresi adalah kematangan emosi dan konformitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dan konformitas dengan perilaku agresi pada siswa SMK X Kota Tegal. Subjek penelitian berjumlah 92 orang diperoleh dengan metode cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan skala agresi, skala kematangan emosi dan skala konformitas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dan konformitas dengan perilaku agresi pada siswa SMK X Kota Tegal Ry(1,2) 0,348, F hitung 6,172 dengan taraf signifikansi 0,003 (p<0,05). Ada hubungan negatif antara kematangan emosi dengan perilaku agresi rx1y = -0,277, dengan taraf signifikansi p = 0,008 (p<0,05). Ada hubungan positif antara konformitas dengan perilaku agresi, rx1y = 0,239, dengan taraf signifikansi p = 0,022 (p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa kematangan emosi dan konformitas dapat mempengaruhi perilaku agresi pada siswa SMK X Kota Tegal. Kata kunci: perilaku agresi, kematangan emosi, konformitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Feb 2016 05:49 |
Last Modified: | 16 Feb 2016 05:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2865 |
Actions (login required)
View Item |