Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2020)

Setiaji, Wahyu (2022) Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401700174_fullpdf.pdf

Download (811kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

Kebijakan dividen merupakan hal yang penting bagi perusahaan dan investor, karena memperoleh dividen merupakan salah satu tujuan bagi para investor yang menanamkan dananya di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas, kebijakan hutang dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020 yaitu sebanyak 29 observasi dari 181 populasi selama 3 tahun pengamatan sehingga jumlah sampel sebanyak 87. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kebijakan Dividen (2) Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Kebijakan Dividen, serta (3) Kebijakan Hutang berpengaruh negatif signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Hasil penelitian dari nilai Adjusted R-Square 12,3% yang cukup bukan berarti menutup kemungkinan untuk tetap melakukan penelitian kembali dengan memilih faktor lain yang dapat mempengaruhi Kebijakan Dividen. Mengingat masih ada 87,7% yang dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang lebih luas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi Kebijakan Dividen. Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:25
Last Modified: 24 Jan 2023 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27603

Actions (login required)

View Item View Item