ANALISIS DETERMINAN KUALITAS LABA (Studi Kasus Pada Sub Sektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020)

Wati, Erna (2022) ANALISIS DETERMINAN KUALITAS LABA (Studi Kasus Pada Sub Sektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401700067_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Kualitas laba merupakan laba yang secara benar dan akurat menggambarkan profitabilitas dalam perusahaan. Laba yang berkualitas yaitu laba yang bisa memberikan informasi tentang kinerja keuangan perusahaan sesuai dengan kenyataan yang ada. Penelitian ini tujuannya yaitu untuk menguji faktor - faktor yang mempengaruhi kualitas laba yakni konservatisme akuntansi, good corporate governance, investment opportunity set, leverage, dan ukuran perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yakni sub sektor bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 117 data pengamatan selama periode 3 tahun. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan dan annual report perusahaan yang diakses melalui website resmi BEI yakni (www.idx.co.id) dan website resmi lainnya yaitu (www.finance.yahoo.com) serta website dari masing-masing sub sektor bank yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konservatisme akuntansi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitas laba, good corporate governance berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kualitas laba, investment opportunity set berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba, leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitas laba, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba. Kata Kunci: Konservatisme Akuntansi, Good Corporate Governance, Investment Opportunity Set, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kualitas Laba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:34
Last Modified: 23 Jan 2023 06:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27527

Actions (login required)

View Item View Item