Sodiq, Nur Fajar (2001) ANALISIS HUBUNGAN BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK AIR MINERAL MERK AQUA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
04944874_fulltext.pdf Download (7MB) |
Abstract
Persaingan industri air mineral dalam kemasan dewasa ini untuk menjaring konsumen telah sedemikian ketatnya seiring dengan kebutuhan masyarakat akan air yang bersih, sehat dan praktis dalam mengkonsumsinya. Kenyataan yang ada dimasyarakat saat ini begitu maraknya merk air mineral yang ada dengan menonjolkan keunggulan dari produk yang dihasilkan hingga manfaat apa yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya melalui kegiatan periklanan dimedia massa dan merk Aqua adalah salah-satunya yang ikut berperan aktif dalam usaha penyediaan air mineral dalam kemasan. Dalam usaha menjaring konsumen sehinga mengambil keputusan pembelian terhadap produk air mineral merk dalam kemasan maka pihak perusahaan dituntut untuk lebih memahami perilaku konsumen serta apa yang paling diharapkan konsumen terhadap produk bersangkutan sebelum dibelinya. Beberapa faktor yang dapat membuat konsumen memutuskan pembelian terhadap produk air mineral dalam kemasan adalah harga, kualitas, kemasan dan iklan. Sikap kritis konsumen sebelum membeli suatu produk harus mampu disingkapkan oleh pihak perusahaan dalam hal ini merk Aqua sehingga produk yang ditawarkan mampu bersaing dengan merk lainnya serta pada akhimnya transaksi pembelian dapat beralih kepada produk Aqua itu sendiri. Selain keempat faktor diatas yang berhubungan dengan keputusan konsumen dalam usaha pembelian produk air mineral merk Aqua, maka langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah memahami karakteristik dari konsumen pengguna produk baik dari dalam diri konsumen itu sendiri atau intern maupun dari luar diri konsumen itu sendiri atau ekstern. Berdasarkan latar belakang permasalah diatas maka dilakukanlah suatu penelitian dengan mengambil judul sebagai berikut : "ANALYSIS HUBUNGAN BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK AIR MINERAL MERK AQUA° . Penelitian dari permasalahan diatas akan dirumuskan pada pencarian hubungan antara faktor harga, kualitas, kemasan dan iklan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan usaha pembelian produk air mineral merk Aqua. Mengingat sangat luas dan kompleksnya faktor-faktor yang berhubungan dengan keputusan pembelian, sehingga untuk menghindari kekaburan dari pengertian dan pembahasan penelitian yang melebar janh dari harapan maka penelitian ini dibatasi dalam ruang lingkup faktor-faktor yang berhubungan dengan keputusan konsumen dalam usaha pembelian produk air mineral merk Aqua yang ditinjau dari segi harga, kualitas, kemasan dan iklan ditelevisi dan radio. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara faktor harga, kualitas, kemasan dan iklan terhadap keputusan pembelian produk air mineral merk Aqua maka diajukanlah suatu daftar pertanyaan kepada orang responden di Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Kodya Semarang dan hasil 96 dari pertanyaan tersebut akan diolah dan diuji dengan menggunakan alat uji statistik Chi-Sequare, Coeflsien Contingensi dan Contingensi Maximum yang dibantu oleh program SPSS Crosstab dengan hasil sebagai berikut : 1. Berdasarkan basil penelitian antara faktor harga dengan keputusan pembelian konsumen, nyata pada taraf a < 0,05 dengan uji Chi-Square diperoleh angka X hitung sebesar 46,129 > dari X tabel sebesar 26,296 serta hasil dari Coefsien Contingensi sebesar 0,570 yang mendekati hasil dari Coefisien Contingensi Maximum sebesar 0,894. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Ho ditolak sehingga terbukti terdapat hubungan yang cukup signifikan antara faktor harga produk Aqua terhadap keputusan pembelian dari konsumen 2. Berdasarkan hasil penelitian antara faktor kualitas dengan keputusan pembelian konsumen, nyata pada taraf a < 0,05 dengan uji Chi-Square diperoleh angka X > hitung sebesar 67,612 dari X tabel sebesar 26,296 serta hasil dari Coefsien Contingensi sebesar 0,643 yang mendekati hasil dari Coefisien Contingens Maximum sebesar 0,894. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Ho ditolak sehingga terbukti terdapat hubungan yang cukup signifikan antara faktor kualitas produk Aqua terhadap keputusan pembelian dari konsumen. 3. Berdasarkan basil penelitian antara faktor kemasan dengan keputusan pembelian konsumen, nyata pada taraf a < 0,05 dengan uji Chi-Square diperoleh angka X hitung sebesar 58,235 >dari hasil X tabel sebesar 26,296 serta hasil dari Coefisien Contingensi sebesar 0,614 yang mendekati basil dari Coefisien ContingensiMaximum sebesar 0,894. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Ho ditolak sehingga terbukti terdapat hubungan yang cukup signifikan antara faktor kemasan produk Aqua terha.dap keputusan pembelian dari konsumen. 4. Berdasarkan hasil penelitian antara faktor iklan dengan keputusan pembelian konsumen, nyata pada taraf a < 0,05 dengan uji Chi-Square diperoleh hasil X hitung sebesar 41,416 > dari X tabel sebesar 26,296 serta hasil dari Coefsien Contingensi sebesar 0,549 yang mendekati hasil dari Coefisien Contingensi Makstmum sebesar 0,894. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Ho ditolak sehingga terbukti terdapat hubungan yang cukup signifikan antara faktor penayangan iklan ditelevisi dan radio te:hadap keputusan pembelian produk air mineral merk Aqua dari konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:01 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24315 |
Actions (login required)
View Item |