PRODUKTIVITAS KARYAWAN DITINJAU DARI KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI DAN PERSEPSI TERIIADAP PEKERJAAN PADA PT. LARALADEN SEMARANG

Astuti, Yuni (2004) PRODUKTIVITAS KARYAWAN DITINJAU DARI KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI DAN PERSEPSI TERIIADAP PEKERJAAN PADA PT. LARALADEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
072000194 fulltext U.pdf

Download (4MB)

Abstract

Produktivitas adalah suatu tingkah laku sebagai keluaran dengan berbagai komponen kejiwaan yan melatarbelakangunya serta mempunyai tujuan esensial bagi setiap masyarakat produksi, yang dapat diukur dengan melihat berapa banyak karyawan dapat menghasilkan suatu barang serta seberapa besar karyawan berusaha merealisasikan tujuannya dengan segenap potensi yang dimilikinya. Disertai dengan perencanaan yang tepat, efisiensi yang lebih tinggi, sesuai dengan standart kualitas yang ditentukan oleh perusahaan.Seorang dengan kepribadian produktif tidak terlepas dari keadaan psikologisnya, antara lain pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri dan pemahaman terhadap pekerjaan dengan proses persepsi terhadap pekerjaan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan aktualisasi diri dan persepsi diri terhadap pekerjaan dengan produktivitas karyawan. Serta ingin mengetahui satupersatu hubungan antara produktivitas karyawan dengan kebutuhan aktualisasi diri dan hubungan produktivitas karyawan dengan persepsi diri terhadap pekerjaan. Penelitian ini mengambil sampel pada PT. LaraLaden Semarang dan untuk keperluan penelitian ini diambil sampel 50 karyawan dengan teknik purposif sampling. Karyawan yang diambil sebagai objek penelitian adalah karyawan yang masih tercatat sebagai karyawan pada tahun 2004. Dalam melakukan penelitian ini digunakan metode analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan produktivitas karyawan dengan kebutuhan aktualisasi diri dan persepsi diri terhadap pekerjaan. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara produktivitas karyawan dengan aktualisasi diri dan untuk mengetahui hubungan antara produktivitas karyawan dengan persepsi diri terhadap pekerjaan digunakan metode analisis regresi linier. Untuk menganalisa data digunakan bantuan komputer dengan menggunakan program SPSS versi 10.0. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa analisis regresi berganda (kebutuhan aktualisasi diri dan persepsi diri) secara serempak mempunyai hubungan korelasi sebesar R = 0,841, yang ditandai dengan taraf signifikan sebesar 0,00<0,05. Sedangkan untuk analisis korelasi linier terdapat hubungan yang signifikan antara produktivitas dengan aktualisasi diri sebesar r = 0,752 yang ditandai dengan nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05, dan terdapat hubungan antara produktivitas dengan persepsi diri terhadap pekerjaan sebesar r = 0,487 yang ditandai dengan nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05. Dari basil analisis tersebut dapat diketahui bahwa aktualisasi diri lebih banyak pengaruhnya terhadap produktivitas karyawan dari pada persepsi diri terhadap pekerjaan. Kata kunci Produktivitas, Aktualisasi Diri dan Persepsi Terhadap Pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:10
Last Modified: 01 Jul 2022 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23531

Actions (login required)

View Item View Item