EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 3 PANJUNAN

Istanti, Dwi (2021) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 3 PANJUNAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (658kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (250kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (248kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (384kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
34301400499_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui efektivitas model Problem Based Learning terhadap prestasi belajar kognitif siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Panjunan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajran antra kelas eksperimen dan kelas kontrol didaptkan hasil uji paired sample t-test yang digunakan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning (X1) terhadap prestasi belajar kognitif siswa (Y1) pada kelas eksperimen hasil Uji Paired Sample T-Test menunjukan Sig. .214 artinya Sig > 0.05, maka HO diterima. Dapat dismpulkan bahwa perlakuan menggunakan model problem based learning memiliki efektivitas terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Sedangkan dikelas kontrol hasil Uji Paired Sample T-Test menunjukan Sig. .004 artinya Sig > 0.05, maka HO ditolak atau dapat dismpulkan bahwa pembelajaran konvensional tidak efektiv terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Model problem based learning efektif meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa berdasarkan hasil uji paired sample t-test. Hal tersebut sejalan dengaan hasil prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas eksperimen, pada saat pretest dari 15 siswa hanya 2 siswa atau 13% siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rat 52,33, nilai maksimal 70, dan nilai minimal 35. Setelah proses pembelajaran dengan model problem based learning hasil posttest menunjukan dari 15 siswa semua siswa atau 100% siswa tuntas atau mencapai KKM yang ditentukan dengan nilai rata-rat 83,00, nilai maksimal 100, dan nilai minimal 70. Kenaikan hasil yang diperoleh kelas eksperimen adalah ketuntasan dari 13% menjadi 100% atau naik 87%. Nilai rata-rata dari 52,33 menjadi 83,00 atau naik 30,67. Nilai maksimal dari 70 menjadi 100 atau naik 30. Nilai minimal 35 menjadi 70 atau naik 35. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dismpulkan bahwa model Problem Based Learning memberikan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Panjunan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Prestasi Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:31
Last Modified: 29 Jun 2022 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item View Item