Anallsls Pengaruh Promos! Terhadap Volume Penjualan Mesln Diesel pada PT Kubota lndonesla di Semarang

Paini, Paini (1999) Anallsls Pengaruh Promos! Terhadap Volume Penjualan Mesln Diesel pada PT Kubota lndonesla di Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
sampul.pdf

Download (885kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (367kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (306kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (866kB)
[img] Text
04945026S.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dunia yang semakin pesat dan persaingan diantara perusahaan yang sernakin keras. Faktor utama yang menyebabkan sangat menariknya membahas masalah pemasaran adalah faktor persaingan. Faktor persaingan ini yang menyebabkan di antara masing­ masing perusahaan berlomba merebut simpati konsurnen tanpa mengurangai kepuasaan mereka agar perusahaan dapat memasarkan produknya sernaksimal mungkin. Setiap perusahaan dalam menjalankan operasinya tentu mempunyai tujuan, salah satunya adalah memperoleh laba yang maksimal. Untuk itu perusahaan selalu mengambil langkah-langkah untuk memenangkan pasar seperti : peningkatan produk, variasi model serta sistem pemasaran yang lebih baik dan terarah. Keberhasilan dalam rnernasarkan produk bukanlah hal yang mudah, faktor konsumen perlu diperhatikan karena konsumen merupakan orang atau organisasi yang akan rnengkonsumsi pasar mempunyai peran yang sangat besar. Langkah yang harus ditempuh oleh perusahaan adalah dengan usaha memprom<;>sikan ba,r:qng atau jasa yang dihasilkan perusahaan tersebut kepada konsumen , Karena promosi dipandang sebagai arus � informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarah seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Jadi promosi merupakan salah satu cara rnemperkenalkan hasil produk dengan rnaksud untuk meningkatkan volume penjualan. Promosi yang dijalankan PT Kubota Indonesia ada tiga macam yai tu : periklanan, personal selling dan promosi penjualan, maka penting untuk dipecahkan p.romosi mana yang paling dominan pengaruhnya te.rhadap volume penjualan agar perusahaan bisa berusaha meningkatkan volume penjualannya. Dengan adanya permasalahan diatas maka penulis mengambil judul "Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan Nesin Diesel pada PT Kubota Indonesia di Semarang". Sedangkan tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui biaya iklan tiap tahun, untuk mengetahui biaya personal selling tiap tahun, untuk mengetahui promosi tiap tahun, untuk mewujudkan tingkat penjualan. Analisis data kuantita.f yang digunakan dalam penelitian ini dirnaksudkan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara biaya promosi dengan volume penjualan. Untuk itu digunakan alat analisis regresi linier berganda dengan menggunakan micosta dipe.roleh hasil Y = 9. 875. 8279 + 39. 2052X1 + 2 27. 924 5X2, R didapat O, 9410. Hal ini menj elaskan bahwa 94,701 dari va.riabel penjualan (Y) dipenga.ruhi oleh periklanan dan personal selling secara bersama-sama. Promosi periklanan berpengaruh kuat dan positif terhadap volume penjualan serta memberikan kontribusi yang paling besar, karena promosi yang dijalankan perusahaan lewat berbagai media massa baik elektronik maupun non elektronik. Sehingga iklan yang dipasang perusahaan dapat diketahui dan dikenal masyarakat luas dan akhirnya tertarik untuk membeli. Dari basil analisanya sebagai berikut : ternyata th >tt (2, 600) > tt (2, 132) yang berarti H0 di tolak dan H4 diterima, maka variabel iklan berpengaruh signifikan terhadap volume penj ualan. Dari hasil per hi tung an koefisien regresi be.rganda didapatkan b1 sebesar 39,2052. Hal ini berarti setiap ada penambahan biaya iklan sebesar Rp 1, akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp 39,2052. Personal selling berpengaruh kuat terhadap volume penjualan. Adapun hasil analisanya sebagai berikut : ternyata th> tt at au th(2,651) >··tt.(2,132) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima," maka variabel personal selling berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Dari hasil perhitungan koe£isien regresi berganda didapatkan b2 sebesar 27,9245. Hal ini berarti setiap ada penambahan biaya personal selling sebesar Rp 1, akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp 27,9245. Berdasarkan uji F hitung didapatkan Fb (44,676) > Ft,hal ini berarti H0 di tolak dan Ha di terima, maka secara bersama-sama variabel ik_lan dan personal selling berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Kegiatan periklanan ternyata mempunyai pengaruh lebih besar dan hanya berpengaruh pada bulan tersebut, maka kegiatan periklanan perlu dilakukan secara kontiyu setiap bulan. Untuk kegiatan personal selling tetap dipertahankan agar e£ektif dan berpengaruh terhadap volume penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:24
Last Modified: 23 Jun 2022 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23205

Actions (login required)

View Item View Item