PENGARUH IKLAN TELEVISI VERSI “KARENA KAMU NO 1” DAN PEER GROUP SUPPORT TERHADAP MINAT CALON KONSUMEN BERTRANSAKSI DI BLIBLI

Dewanti, Putri (2021) PENGARUH IKLAN TELEVISI VERSI “KARENA KAMU NO 1” DAN PEER GROUP SUPPORT TERHADAP MINAT CALON KONSUMEN BERTRANSAKSI DI BLIBLI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (909kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S1 Ilmu Komunikasi_32801700028_fullpdf.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya pengguna e-commerce di Indonesia diprediksi tumbuh 33,2%. Hal karena perilaku konsumen yang berubah. Di semua lini dagang berbasis online, tren transaksi berbasis digital terjadi peningkatan seiring banyaknya waktu orang di rumah sepanjang masa pandemi. Namun, e-commerce Blibli mengalami penurunan pengunjung sebanyak ±4000 pengunjung. Dalam upayanya, Blibli telah banyak melakukan kegiatan strategi marketing, seperti beriklan di media televisi. Selain itu, terdapat faktor lain dalam menentukan pilihan seperti lingkungan terdekat, seperti kelompok teman sebaya (peer group). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan peer group terhadap minat calon konsumemnbertransaksi di Blibli. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan paradigma positivistik. Teori yang digunakan adalah Teori SOR (Stimulus Organisme Respon). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner pada 100 responden di Kota Semarang menggunakan teknik purposive sampling. Perhitungan data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian validitas semua item pertanyaan dinyatakan valid karena r hitung>r tabel (0,195) dan reliabel dengan uji reliabilitas menunjukkan nilai alpha lebih dari 0,60. Hasil uji t menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengaruh iklan terhadap minat bertransaksi sebesar 0,001<0,05, lalu nilai thitung> ttabel (5,563 > 1,98472) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,747. Adanya hubungan yang signifikan antara peer group terhadap minat bertransaksi sebesar 0,001<0,05, lalu nilai thitung> ttabel (6,815 > 1,98472) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,726. Sedangkan uji F menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara Iklan dan Peer Group terhadap Minat Bertransaksi sebesar 0,001 < 0,005, lalu nilai Fhitung > Ftabel (102,903 > 3,09). Namun terdapat batasan penelitian yaitu hanya menggunakan sampel sebanyak 100 responden, terdapat variabel lain yang dapat mempengaruhi minat beli dan keterbatasan populasi yang dipilih. Oleh karena itu, diharapkan penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan sampel yang lebih banyak, menggunakan variabel lain dan memilih tempat penelitian di Kota selain Semarang. Kata Kunci : Iklan, Peer group, Minat Bertransaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:28
Last Modified: 10 Jun 2022 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22907

Actions (login required)

View Item View Item