YULIANA, EVA (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 10 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (858kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (783kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text
S1 Tarbiyah_31501700039_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan yang baik merupakan sekolah yang memiliki tingkat kualitas yang baik pula. Kepala sekolah memiliki peran salah satunya yaitu sebagai supervisor yang memiliki tujuan dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran PAI. Upayanya sebagai supervisor dengan memiliki program kepengawasan yang tujuannya dapat mengevaluasi dari pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Dalam penelitian ini yang berjudul “Peran Kepala Sekolah SebagaiSupervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI” memiliki rumusan masalah mengenai bagaimana program, teknik dan rekomendasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam upayanya meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 10 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai program, teknik, dan rekomendasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 10 Semarang. Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (field research). Metode pengumpuan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu skunder dan primer. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) program yang dirancang kepala sekolah sebagai supervisor sudah cukup baik karena sangat efisien dalam upayanya meningkatkan mutu pembelajaran PAI. (2) Teknik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam peranya sebagai supervisor sudah cukup efektif dan terstruktur sangat rapi dalam upayanya meningkatkan mutu pembelajaran PAI. (3) Kemudian mengenai rekomendasi yang diberikan kepala sekolah kepada guru sudah cukup baik dalam memberikan apresiasi maupun teguran dan bimbingan agar dapat tercapainya tujuan dalam peningkatan mutu pembelajran PAI. Kata kunci : Kepala Sekolah, Supervisor, Mutu Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:31 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22850 |
Actions (login required)
View Item |