Firhan Rafiuddin, Muhammad (2021) PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PEMBELI YANG BERITIKAD BAIK DALAM TRANSAKSI JUAL BELI KAYU DI CV. RIMBA RAYA DI KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (519kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (479kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
Text
S1 Ilmu Hukum_30301609693_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Hubungan antara dua individu yang timbul balik tersebut dapat dikatakan sebagai bentuk kerjasama atau dalam hukum Indonesia di kenal dengan istilah perikatan. Suatu persetujuan tertentu berupa rangkaian kata-kata sebagai gambaran dari suatu perhubungan antara kedua belah pihak. Seperti halnya dengan semua buah perbuatan manusia, maka gambaran ini tidak ada yang sempurna. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perlindungan konsumen pembeli yang beritikad baik dan hambatan terhadap konsumen yang beritikad baik dalam transaksi jual beli kayu di CV. Rimba Raya Di Kabupaten Kendal dan solusinya. Metode penelitian dengan pendekatan yuridis empiris, spesifikasi penelitian deskriptif. Jenis dan Sumber Data menggunakan data primer dan sekunder. Metode Pengumpulan Data menggunakan wawancara, penelitian kepustakaan dan studi dokumen. Adapun lokasi dan subyek penelitian adalah di CV. Rimba Raya dengan Analisis Data menggunakan analisis Kualitatif yaitu tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analisis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Perlindungan konsumen bagi pembeli yang beritikad baik dalam transaksi jual beli kayu di CV. Rimba Raya Di Kabupaten Kendal yaitu terhadap pembeli yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk membayar kayu ketempat pelaku usaha CV Rimba Raya telah melakukan wanprestasi. Hambatan : a. Perubahan situasi ekonomi memungkinkan salah satu pihak ingkar janji, b. Dalam transportasi, komoditi ekspor dapat mengalami kerusakan yang dapat merugikan eksportir maupun penerima barang (importir). c. Di dalam persaingan usaha, faktor dari produk barang juga menjadi suatu perhatian yang sangat penting. d. Ketentuan dalam peraturan-peraturan yang selalu berubah-ubah di bidang ekspor juga sangatlah berpengaruh dalam transaksi perdagangan internasional. Solusi yang dilakukan hambatannya dengan memberikan perlindungan konsumen bagi pembeli yang beritikad baik dalam transaksi jual beli kayu di CV. Rimba Raya Di Kabupaten Kendal yaitu pihak CV. Rimba Raya yaitu dengan lebih memilih melakukan mediasi secara kekeluargaan dikarenakan untuk menjaga hubungan baik dengan para buyer, karena bagi CV. Rimba Raya hubungan bisnis yang berkelanjutan sangatlah penting serta berguna untuk tetap menjaga nama baik CV. Rimba Raya. . Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Itikad Baik, Transaksi, Jual Beli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 03:49 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 03:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22678 |
Actions (login required)
View Item |