Siskawati, Ayuana Elisa (2021) EVALUASI HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 5 DI SD MUHAMMADIYAH 05 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (639kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21501900007_fullpdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Evaluasi hasil belajar ranah kognitif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 5 di SD Muhammadiyah 05 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNISSULA Tahun 2021. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pelaporan Evaluasi Hasil Belajar Ranah Kognitif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 5 di SD Muhammadiyah 05 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan evaluasi hasil belajar ranah kognitif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 5 di SD Muhammadiyah 05 Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan deskripsi kualitatif, adapun metode-metodenya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam SD Muhammadiyah 05 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perencanaan Evaluasi Hasil Belajar Ranah sudah disusun oleh guru Pendidikan Agama Islam meliputi menyusun kisi- kisi dan instrument penilaian ranah kognitif. Pada aspek ini guru Pendidikan Agama Islam belum menyusun indikator penilaian ranah kognitif. Sehingga perlu upaya untuk menyusun indikator penilaian ranah kognitif. Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Ranah Kognitif sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari prosedur dan teknik evaluasi yang sudah dilajalankan oleh guru Pendidikan Agama Islam meliputi menghimpun data, verifikasi data, mengolah data, menggunakan teknik tes, dan teknik tes obyektif. Pada aspek ini guru Pendidikan Agama Islam belum menggunakan teknik non-tes dalam kegiatan evaluasi hasil belajar ranah kognitif. Pelaporan Evaluasi Hasil Belajar Ranah Kognitif sudah baik. Pelaporan evaluasi hasil belajar ranah kognitif dalam bentuk raport dan sudah melaporkan hasil evaluasi hasil belajar ranah kognitif tersebut kepada peserta didik maupun orang tua/ wali murid. Pada aspek ini guru Pendidikan belum menyajikan data hasil evaluasi hasil belajar ranah kognitif dalam bentuk statistik dan tidak melaporkan hasil evaluasi hasil belajar ranah kognitif kepada lembaga pemerintah (Yayasan Perserikatan Muhammadiyah Semarang dan Kementrian Agama Kota Semarang) yang masing-masing sebagai lembaga yang menaungi SD Muhammadiyah 05 Semarang dan lembaga yang menaungi guru Pendidikan Agama dilingkup Kota Semarang. Kata Kunci: Evaluasi Hasil Belajar, Ranah Kognitif, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 04:16 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 04:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22627 |
Actions (login required)
View Item |