STUDI DAN IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DIFABEL) DI YPAC SEMARANG

Budiatna, Haris (2021) STUDI DAN IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DIFABEL) DI YPAC SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (674kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (726kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
MPDI 21501700018 fullpdf (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Menuntut ilmu adalah hak setiap orang bahkan kewajiban sebagaimana belajar dan mengajar bisa dilakukan walaupun cara dan tantangannya berbeda-beda . Semakin besar pengorbanan seseorang dalam menuntut ilmu atau mengajarkannya maka akan semakin besar pula pahala yang di dapatkan. Difabel atau para penyandang cacat bukanlah aib bahkan ia anugrah dari yang Maha mengetahui yang ghaib. Allah menganugrahkan begitu banyak kenikmatan sehingga manusia tidak akan sanggup menghitunya. salah satu nikmat yang kadang terlupakan adalah nikmat sehat dan kesempatan. Sehat jasmani dan rohani itu yang diharapkan. kaum difabel atau para penyandang cacat selalu ada dan merupakan bagian dari kehidupan manusia sepanjang sejarah. Cacat juga merupakan hikmah yang terpendam.. Menyia-nyiakannya merupakan kesalahan dan mengacuhkannya adalah kedzoliman. Secara garis besar penyandang cacat dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu cacat fisik, non fisik dan ganda. Ada yang fungsi organnya tak sempurna, bahkan ada yang tak punya sama sekali. Kenyataan inilah yang kadang menjadi stigma yang negatif bahkan dihinakan. Islam mengangkat kedudukan kaum difabel juga hak-hak mereka adalah sama dimata hukum agama dan Negara, hanya saja cara dan metoda untuk mendapatkannya berbeda-beda. Tesis ini berusaha mengangkat bagaimana mengimplemantasikan metode pembelajaran pendidikan agama Islam kepada mereka para difabel khususnya di YPAC Semarang juga pada umumnya sebagai bentuk penghormatan kepada mereka. Al Qur’an mengangkat kedudukan meraka jika mereka sabarbahkan ada 38 ayat yang tersebar dalam 26 surat .dan ada 5 ayat yang menceritakan tentang cacat fisik dan selebihnya membicarakan cacat non fisik atau bathin. Penelitian ini diharapkan dapat menyingkap metode pembelajaran yang tepat bagi para penyandang cacat walaupun dengan segala keterbatasan apalagi di musim pandemi covid 19 , mereka sama seperti kita dan individu normal lainnya, baik dalam aspek hukum maupun sosial juga dalam menuntut ilmu. Meskipun dalam beberapa hal dan kondisi memiliki kekhususan sebagai bentuk perlindungan dan kasih sayang terhadap mereka kaum difabel. Kata Kunci : STUDI DAN IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIMASA PANDEMI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:48
Last Modified: 02 Jun 2022 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22608

Actions (login required)

View Item View Item