STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI TAHFIDZ AL QURAN PADA ANAK (Studi Kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Quran Ungaran)

Izzah, Fahmiyatul (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI TAHFIDZ AL QURAN PADA ANAK (Studi Kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Quran Ungaran). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (683kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
MPDI 21501700017_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah serta mengungkapkan strategi pembelajaran tahfidzul Qur`an dan pemberian motivasi tahfidzul quran di pesantren tahfidz Daarul Quran Ungaran. Untuk mengetahui strategi pembelajaran Tahfidzul Qur`an dan pemberian motivasi tahfidz quran diperlukan pengamatan yang mendalam dan kontinyu tapi tetap dalam situasi yang riil atau nyata. Oleh karena itulah maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data secara holistic dan integrative dilakukan dengan memperhatikan hubungan data dengan berfokus pada tujuan penelitian. Adapun analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tiga tahap yaitu sebelum penelitian, selama di lokasi penelitian, dan sesudah selesai penelitian. Dalam penelitian ini digunakan analisis data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan bahan-bahan lain, sehinga dapat mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Untuk rposes analisis data dilakukan secara stimulant dengan pengumpulan data, artinya peneliti dalam mengumpulkan data juga menganalisis data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menyatakan bahwa perumusan strategi pembelajaran tahfidzul Qur`an di Pesantren Tahfidz Daarul quran ini melibatkan beberapa pihak terkait. Selain adanya control dari kepala pengasuhan, kepala tahfidz, juga melibatkan para pengajar sebagai barisan terdepan yang langsung menangani proses pembelajaran tahfidz itu sendiri. Keberhasilan yang dicapai Pesantren Tahfidz Daarul Quran Ungaran dalam menerapkan strategi pembelajaran tahfidzul Qur`an ini sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari prestasi yang dicapai peserta didik dan proses kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta didik serta usaha pengasuh maupun para ustadz yang selalu membimbing dan mendidik peserta didik supaya sesuai dengan tujuan Pesantren Tahfizh Daarul Quran Ungaran. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Tahfidzul Qur`an dan Motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 05:33
Last Modified: 02 Jun 2022 05:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22604

Actions (login required)

View Item View Item