IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH BANAT TAJUL ULUM BRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN

Saefudin, Saefudin (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH BANAT TAJUL ULUM BRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (764kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
MPDI_21501700010_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al Qur’an dan Hadis adalah dua sumber ajaran utama Agama Islam. Karena itulah keduanya dijadikan mata pelajaran utama dalam Pendidikan Agama Islam yaitu Al Qur’an Hadis. Al Qur’an Hadis diajarkan dengan berbagai pendekatan salah satunya adalah pendekatan saintifik. Pengimplementasian pendekatan saintifik pada pembelajaran Al Qur’an Hadis sangat perlu diteliti karena pendekatan ini berbasis ilmiah sedangkan Al Qur’an Hadis adalah berbasis agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Al Qur’an Hadis dengan pendekatan saintifik, bagaimana pelaksanaannya, dan bagaimana hasil evaluasinya. Penelitian ini akan dilaksnakan di Madrasah Aliyah Banat Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan dengan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mapel Al Qur’an Hadis, siswa, dan kepala madrasah. Objek penelitian ini adalah implementasi pendakatan saintifik pada pembelajaran Al Qur’an Hadis yang mencakup tiga hal yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan adalah teknik analisis versi Miles dan Humberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama adalah perencanaan implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Al Qur’an Hadis dilakukan oleh guru dengan baik terbukti dengan adanya RPP yang terdiri: tujuan pembelajaran yang sesuai dengan rumusan ABCD, pemilihan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar, sintak pendekatan saintifik, dan penilaian. Kedua adalah pelaksanaan impelementasi pendekatan saintfik pada pembelajaran Al Qur’an Hadis berjalan lancar. Dan ketiga adalah evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadis dengan pendekatan saintifik berjalan baik dengan banyaknya siswa yang tertarik dan mencapai nilai melebihi batas nilai minimal. Kata kunci: pendekatan saintifik, Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan pendekatan saintifik, evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:53
Last Modified: 02 Jun 2022 07:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22558

Actions (login required)

View Item View Item