FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Pramono, Sigit (2014) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) atau PengungkapanTanggung Jawab Sosial adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Faktor-Faktor tersebu tadalah leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan danstruktur kepemilikan saham yang meliputi kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009 – 2011. Total sampel penelitian adalah 39 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat leverage dan kepemilikan asing berpengaruh negative tidak signifikan terhadap kebijakan pengungkapan tanggung jawab social perusahaan. Tingkat profitabilitas, ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan pengungkapan tanggung jawab social perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan pengungkapan tanggung jawab social perusahaan di Indonesia. Kata kunci :Kebijakan pengungkapan tanggung jawab social perusahaan (CSR), leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, kepemilika nmanajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2016 02:03
Last Modified: 07 Jan 2016 02:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item