PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KINERJA LINGKUNGAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN STATUS PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN CSR (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Larasati, Desi (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KINERJA LINGKUNGAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN STATUS PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN CSR (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (597kB)

Abstract

Pengungkapan corporate social responsibility merupakan bentuk tanggung jawab pihak perusahaan kepada lingkungan sekitar perusahaan ataupun masyarakat yang terkena dampak dari aktivitas bisnis perusahaan melalui berbagai kegiatan yang tujuannya untuk mengembangkan lingkungan serta memperbaiki kehidupan masyarakat hingga pada proses pembangunan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel ukuran perusahaan, kinerja lingkungan, profitabilitas, leverage dan status perusahaan terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 46 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018, sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan pertambangan dengan 66 unit analisis. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 26.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility. Sebaliknya kinerja lingkungan, profitabilitas dan status perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility. Sementara itu, leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility. Simpulan pada penelitian ini yaitu pengujian simultan menunjukkan pengaruh antara variabel independen dan dependen. Ukuran perusahaan, kinerja lingkungan, profitabilitas, leverage dan status perusahaan berpengaruh terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Kinerja Lingkungan, Profitabilitas, Leverage, Status Perusahaan, Corporate Social Responsibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:08
Last Modified: 12 Jan 2022 04:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21858

Actions (login required)

View Item View Item