IMPLEMENTASI METODE MUHADDASAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG SKRIPSI

AMANAH, SITI (2021) IMPLEMENTASI METODE MUHADDASAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG SKRIPSI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (645kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (654kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sosok seorang guru sangat berpotensi dalam membimbing perkembangan softskill maupun hardskill siswa. Maka dengan demikian kreatifitas seorang guru sangat diperlukan meliputi penyelarasan metode yang akan digunakan beserta komponennya dengan materi yang akan diajarkan. Dengan begitu metode merupakan suatu persoalan yang di pilah-pilih dalam suatu materi pembelajaran dalam berbagai situasi. Tujuan pemilihan metode salah satunya ialah supaya siswa tidak bosan tetapi perhatian untuk belajar itu ada sehingga ada unsur semangat didalam pembelajaran tersebut. Perbincangan banyak orang yang mana mata pelajaran bahasa Arab itu sulit bahkan sukar. Oleh karena itu, sosok guru serta upayanya sangat dibutuhkan dalam menangani masalah tersebut. Upaya dalam persoalan tersebut yaitu melalui metode Muhaddatsah dengan harapan siswa dapat merasa senang dengan pelajaran bahasa Arab dan semangat dalam mempelajarinya hingga dapat menguasainya. Berdasarkan hal tersebut , penulis menguraikan tema tentang implementasi metode Muhaddatsah dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Permasalahan yang dirumuskan diantaranya yang pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang; yang kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang; yang ketiga, bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Bentuk hasil penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang telah dilakukan di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Hasil yang didapat, bahwa guru mapel bahasa Arab menggunakan metode Muhaddatsah dengan tujuan siswa semangat dalam pembelajaran sehinnga menguasai materi yang akan disampaikan serta terkait pengembangan skillnya. Kata kunci: metode, pembelajaran, bahasa Arab, Muhaddatsah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:49
Last Modified: 12 Jan 2022 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21626

Actions (login required)

View Item View Item