PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI KATSA (KATA BAHASA) MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE MEET PADA PEMBELAJARAN DARING KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DI KECAMATAN WELERI

Kusumastuti, Titin Dwi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI KATSA (KATA BAHASA) MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE MEET PADA PEMBELAJARAN DARING KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DI KECAMATAN WELERI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kusumastuti, Titin Dwi.2021. PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI KATSA (KATA BAHASA) MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE MEET PADA PEMBELAJARAN DARING KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DI KECAMATAN WELERI. Pembimbing I: Meilan Arsanti, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Turahmat, M.Pd. Saat ini dunia mengalami wabah virus yang bernama COVID-19, virus tersebut sangatlah berbahaya dan merugikan seluruh dunia. Hal tersebut, membuat pendidik diharuskan melakukan pembelajaran secara daring. Sebelum terjadinya pandemi, banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran secara langsung di kelas apalagi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Adanya bacaan yang panjang pada pembelajaran bahasa Indonesia membuat peserta didik bosan dan tidak tertarik, sehingga dapat berdampak buruk terhadap kekreatifan menulis. Menulis merupakan suatu kegiatan terpenting untuk peserta didik, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang mengharuskan peserta didik untuk membuat suatu karya contohnya menulis puisi. Menulis puisi merupakan suatu apresiasi bentuk karya sastra dan sangat banyak peserta didik yang belum mampu untuk membuat karya sastra tersebut dengan baik. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran yang ditujukan oleh peserta didik. Agar peserta didik mampu memberikan kreatrifitasnya dalam bentuk karya tulis berupa media video animasi KATSA (kata bahasa). Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kebutuhan pendidik dan peserta didik dalam pengembangan media pembelajaran menulis puisi menggunakan audio visual KATSA kata bahasa?, (2) Bagaimana karakteristik pengembangan media pembelajaran menulis puisi menggunakan audio visual KATSA kata bahasa?, dan (3) Bagaimana validasi portotipe dalam pengembangan media pembelajaran menulis puisi menggunakan audio visual KATSA kata bahasa?. Menggunakan Metode penelitian R&D (research and development). Data Penelitian menggunakan wawancara, angket dan dokumen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa, 1) peserta didik membutuhkan media KATSA (kata bahasa) sebagai alat bantu dalam pembuatan puisi. 2) media video animasi KATSA (kata bahasa) memiliki karakteristik berupa kemudahan, inovatif, dan kreatif dalam menggunaanya untuk pembelajaran secara daring. 3) Media video animasi KATSA (kata bahasa) memiliki kelayakan 79% dalam uji validasi yang dilakukan oleh pendidik bahasa Indonesia dan dosen ahli media. Perbaikan yang dilakukan terhadap portotipe media video animasi KATSA (kata bahasa), yaitu (a) perubahan judul pada video, (b) penambahan warna pada background, (c) perubahan animasi, dan (d) penambahan contoh. Langkah selanjutnya dilakukan uji coba portotipe dengan mendapatkan presentase 86.25% efektif digunakan untuk pembelajaran keterampilan menulis puisi secara daring. Kata Kunci: media video animasi KATSA, menulis puisi, peserta didik SMP kelas VIII, pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:30
Last Modified: 12 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21493

Actions (login required)

View Item View Item