REPRESENTASI KREATIVITAS DAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT INDONESIA DALAM IKLAN GOJEK VERSI CERDIKIAWAN DI MEDIA ONLINE YOUTUBE

Marzuq, Ahmad Maulana Saichu (2021) REPRESENTASI KREATIVITAS DAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT INDONESIA DALAM IKLAN GOJEK VERSI CERDIKIAWAN DI MEDIA ONLINE YOUTUBE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, karena pada dasarnya iklan adalah sebuah proses penyampaian pesan dari suatu perusahaan kepada masyarakat tentang produk miliknya yang akan dijual. Seperti yang telah di lakukan oleh PT.Gojek Indoneisa salah satunya yaitu iklan gojek versi cerdikiawan dalam iklan tersebut menggambarkan tentang kreativitas seseorang dalam menggunakan alat alat yang sederhana dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi kreativitas dan kearifan lokal masyarakat Indonesia dalam iklan gojek versi cerdikiawan. Penelitian ini menganalisa tentang representasi kreativitas dan kearifan lokal masyarakat Indonesia dalam iklan gojek versi cerdikiawan di media online youtube. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teori semiotika dari Charles Sanders Peirce melalui model segitiga nya yaitu sign, object dan interpretant. Berdasarkan penggunaan triadic Charles Sanders Peirce yaitu sign, object dan interpretant iklan gojek versi cerdikiawan ini merepresentasikan tentang kreativitas dan kearifan lokal masyarakat Indonesia dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari harinya. Hal tersebut ditunjukkan dengan seorang cerdikiawan yang memiliki kemampuan menggunakan alat-alat yang sederhana untuk mencari solusi dalam setiap masalah di kegiatan sehari-hari, keahlian menggunakan alat di sekitarnya untuk hasil yang besar serta pandai melewati segala rintangan dengan cara yang sederhana. Seperti halnya menggunakan garpu sebagai alat untuk mengambil minum, menggunakan cangkul sebagai pengganti tongsis, menggunakan plastik sebagai pengganti shower. Selain itu juga merepresentasikan tentang kearifan lokal Indonesia yang ditandai dengan adanya scene suasana pasar tradisional, pedagang bakso dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini diharapkan masyarakat ketika melihat iklan tidak hanya menelan mentah-mentah melainkan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda sehingga akan tercipta makna yang lebih dalam. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan pendekatan teori semiotika yang lain. Kata Kunci: Iklan, Kreativitas, Kearifan lokal, Gojek, Media Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:15
Last Modified: 12 Jan 2022 03:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21289

Actions (login required)

View Item View Item