INDRIYANI, DINA (2021) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA LAYANAN OPERATOR TELKOMSEL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (587kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (235kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (318kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (398kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (366kB) |
Abstract
Jasa telekomunikasi seluler sekarang menjadi kebutuhan primer di Indonesia. Industri jasa telekomunikasi seluler harus diikuti dengan sistem perlindungan yang memiliki kepastian hukum. Perlindungan hukum terhadap pengguna jasa telekomunikasi seluler merupakan hal yang harus ditegakkan, salah satunya yang berkaitan dengan data konsumen. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi seluler yaitu Telkomsel. Penulisan ini memiliki tujuan yaitu untuk dapat memberikan perlindungan hukum terhadap keamanan data pengguna layanan operator Telkomsel, dan untuk dapat mengetahui hambatan serta solusi dalam perlindungan hukum terhadap keamanan data pengguna layanan operator Telkomsel. Penulisan ini menggunakan pendekatan yuridis empiris, yang bersifat deskriptif dengan sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan sekunder. Alat pengumpul data yang dipakai yaitu wawancara semi terstruktur serta beberapa buku dan karya tulis ilmiah. Analisis data yang dipakai yaitu analisis data kualitatif. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa konsumen memiliki perlindungan terhadap data pribadi miliknya yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi. Hambatan yang terdapat antara lain yaitu kurangnya pengetahuan pengguna mengenai hak dan kewajiban sebagai konsumen, kurangnya kesadaran diri pengguna terhadap hak dan kewajiban sebagai konsumen, kurangnya kesadaran perusahaan penyedia jasa layanan operator seluler terkait pentingnya memberikan perlindungan keamanan data pribadi pengguna. Sedangkan, solusi dalam perlindungan hukum terhadap keamanan data pengguna layanan operator seluler, yaitu memberikan pembinaan, pendidikan atau informasi kepada pengguna tentang hak dan kewajiban sebagai konsumen, meningkatkan kesadaran diri pengguna terkait hak dan kewajiban sebagai konsumen, dan memberikan ketegasan terhadap perusahaan penyedia jasa layanan operator seluler terkait pentingnya memberikan perlindungan keamanan data pribadi pengguna. Kata kunci: Perlindungan hukum, pengguna, telekomunikasi seluler.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:14 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 07:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21178 |
Actions (login required)
View Item |