PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN BUDAYA RELIGIUS DI SDN PEDURUNGAN TENGAH 02 KOTA SEMARANG

Bakti, Rizki Dwi (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN BUDAYA RELIGIUS DI SDN PEDURUNGAN TENGAH 02 KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (148kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (591kB)

Abstract

RIZKI DWI BAKTI: PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN BUDAYA RELIGIUS DI SDN PEDURUNGAN TENGAH 02 KOTA SEMARANG SDN Pedurungan Tengah 02 Kota Semarang merupakan sekolah negeri yang bukan berlatar belakang agama, akan tetapi susana religiusnya tidak kalah dengan SD Islam pada umumnya. Semua itu terbukti dengan danya kegiatan sholat zuhur berjamaah yang berjalan dengan tertib, infaq Jum’at, pembacaan asmaul khusna setiap apel pagi, pembiasaan 3S (salam, senyum, sapa), serta adanya ekstra BTQ. Terbentuknya karakter tersebut tidak terlepas dari peran guru PAI. Penelitian ini membahas peran guru PAI dalam menerapkan budaya religius peserta didik di SDN Pedurungan Tengah 02 Kota Semarang. Fokus penelitian yang akan dikaji adalah: 1. Bagaimana peran guru PAI dalam menerapkan budaya religius di SDN Pedurungan Tengah 02 Kota Semarang; 2. Bagaimana Pelaksanaan budaya religius di SDN Pedurungan Tengah 02 Kota Semarang; 3. Apa saja Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penerapan budaya religius di SDN Pedurungan Tengah 02 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung untuk mengumpulkan data hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari para informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, kemudian melakukan reduksi data, penyajian data-data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Peran guru PAI dalam menerapkan budaya religius di SDN Pedurungan Tengah 02 Kota Semarang yaitu: pengajar, pendidik, teladan, motivator, sumber belajar. 2. Pelaksanaan budaya religius di SDN Pedurungan Tengah 02 Kota Semarang sudah bagus, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya program kegiatan yang mendukung terlaksananya pembiasaan budaya religius. 3. Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menerapkan budaya religius di SDN Pedurungan Tengah 02 Kota Semarang lebih dominan pada faktor ekstern: a. Faktor pendukung: 1). Faktor keluarga atau orang tua yang berperan aktif dalam pendidikan karakter religius siswa. 2). Faktor lingkungan tempat tinggal siswa yang masih khas dengan kegiatan religi. 3). Lingkungan sekolah dan peraturan sekolah. 4). Sarana prasarana sekolah yang memadai untuk kegiatan keagamaan. b. Faktor penghambat: 1). Terbatasnya waktu mengajar sehingga tidak maksimal mendidik karakter religius siswa. 2). Kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti program keagamaan dari sekolah. 3). Sikap dan perilaku siswa yang beragam. 4) semakin canggihnya teknologi. Kunci: Peran, Guru PAI, Budaya Religius

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:02
Last Modified: 07 Jan 2022 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item View Item