Mustofa, Ali (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IBADAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (849kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (626kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (473kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (399kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ali Mustofa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Ibadah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Program Magister Pendidikan Agama Islam Unissula Semarang 2020/2021 Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah strategi klasikal guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran ibadah di SD IT Harapan Bunda. Dan apakah strategi individual guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran ibadah di SD IT Harapan Bunda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam teknik wawancara, peneliti memilih beberapa informan yaitu kepala sekolah, guru PAI, serta guru lain yang memiliki tugas tambahan untuk program keagamaan. Dalam teknik observasi, peneliti mengamati secara langsung pelaksanaan pembelajaran PAI. Dalam teknik dokumentasi peneliti memperoleh dokumen berupa bahan statistik sekolah, foto dokumentasi, RPP, dan surat keterangan meneliti. Hasil temuan menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran ibadah adalah dengan dua model yakni klasikal dan individual. Dalam pembelajaran klasikal, guru menggunakan strategi pembelajaran dengan berbagai macam program serta variasi metode seperti demonstrasi, ceramah, tanya jawab diskusi, dan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Sedangkan dalam pembelajaran individual yang diterapkan adalah Pembelajaran Perseorangan Tertuntun, Rencana Studi Mandiri (Independent Study Plans) dan pembelajaran privat dengan menggunakan metode tanya jawab, penugasan, dan pembiasaan. Kata kunci: strategi, klasikal, individual, pembelajaran ibadah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 06:42 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 06:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20921 |
Actions (login required)
View Item |