PENILAIAN AUTENTIK ASPEK KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 02 SEMARANG

MARGIYANTO, RIBUT (2021) PENILAIAN AUTENTIK ASPEK KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 02 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ribut Margiyanto: Penilaian Autentik Aspek Keterampilan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 5A dan 5B di SD Islam Sultan Agung 2 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UNISSULA Tahun 2021. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pelaporan Penilaian Autentik Aspek Keterampilan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Sultan Agung 2 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan Penilaian Autentik Aspek Keterampilan Pada Penilaian Praktik Sholat Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Sultan Agung 2 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan deskripsi kualitatif, adapun metode-metodenya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Perencanaan penilaian Autentik aspek keterampilan guru Pendidikan Agama Islam cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu tujuan penilaian, RPP Daring, Kisi-kisi Penilaian Praktik, Rubrik Penilaian Praktik. Pada aspek ini guru tidak membuat data Instrumen Penilaian Praktik. Pelaksanaan penilaian Autentik aspek keterampilan guru Pendidikan Agama Islam sudah amat baik. Guru mengamati Gerakan, Bacaan, dan Urutan menggunakan aplikasi Google Form sebagai penilaian video Praktik. Perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan karena masih ada aspek penilaian keterampilan yang belum dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu penilaian portofolio/produk. Pelaporan penilaian Autentik aspek keterampilan guru Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik. Pelaporan nilai keterampilan sebagai laporan hasil belajar peserta didik yang terdapat aspek skor 1-100, Predikat. Perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan karena masih ada aspek Deskripsi yang belum dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Penilaian Keterampilan, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:34
Last Modified: 07 Jan 2022 06:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item View Item