Lukman, Hasan (2021) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI DAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (525kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (545kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (550kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (533kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) menyatakan bahwa seorang dokter harus mampu untuk berkomunikasi secara efektif dengan pasiennya. Komunikasi yang terjalin dengan baik antara dokter gigi dan pasien akan meningkatkan kepuasan pasien akan pelayanan yang diberikan. Tingkat kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan dokter gigi dalam melakukan perawatan untuk pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dokter gigi dan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan rancangan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional study. Pembagian dan pengisian kuesioner dilakukan dalam rentang waktu 16 Oktober – 1 Desember 2020. Responden mengisi kuesioner komunikasi interpersonal antara dokter gigi dan pasien, dan kuesioner kepuasan pasien. Responden berjumlah 24, selanjutnya data penelitian diolah menggunakan aplikasi SPSS dengan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan komunikasi interpersonal dokter gigi dan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang (P=0,001). Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat hubungan yang signifikan komunikasi interpersonal dokter gigi dan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang Kata kunci : Komunikasi interpersonal dokter gigi dan pasien, Kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 06:30 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 06:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20744 |
Actions (login required)
View Item |