ANALISIS TUNDAAN DAN ANTRIAN KENDARAAN AKIBAT AKTIFITAS LANGSIR KERETA PERTAMINA KOTA TEGAL

YUNUS, MUHAMAD (2020) ANALISIS TUNDAAN DAN ANTRIAN KENDARAAN AKIBAT AKTIFITAS LANGSIR KERETA PERTAMINA KOTA TEGAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perlintasan yang terbentuk dari pertemuan antara dua jenis prasarana transportasi yaitu jalan raya dengan jalan rel merupakan bentuk pertemuan yang sering menimbulkan tundaan, seperti pada perlintasan di jalan Abimanyu Kota Tegal yang sering terjadi kemacetan, antrian kendaraan yang panjang akibat lamanya penutupan palang pintu kereta api yang disebabkan adanya kegiatan langsir PT. Pertamina DepoTegal.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis volume lalu lintas, tundaan dan panjang antrian kendaraan pada masing-masing ruas jalan yang terjadi akibat penutupan pintu perlintasan kereta api, serta memberikan alternatif terbaik yang bisa diterima baik dari sisi pengelola Pertamina maupun dari sisi pengguna jalan. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakn analisis v/c ratio, analisis antrian dan tundaan dengan menggunakan Pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Hasil analisis menunjukan adanya antrian kendaraan dan tundaan pada masing-masing segmen ruas jalan. Antrian tertinggi terjadi pada ruas jalan Abimanyu yaitu sebesar 70,5 smp dengan waktu tundaan sebesar 581,5 detik/smp. Segmen ruas jalan Menteri Supeno I, antrian kendaraan mencapai 47,8 smp dengan waktu tundaan 441 detik/smp, selanjutnya antrian di ruas jalan Semeru yaitu sebesar 17 smp dengan waktu tundaan 395,6 detik/smp, dan yang terakhir antrian di ruas jalan Menteri Supeno II sebesar 10,8 smp dengan waktu tundaan 368,5 detik/smp. Besarnya antrian kendaraan dan waktu tundaan yang terjadi dikarenakan adanya penutupan palang pintu kereta api di jalan Abimanyu akibat aktifitas langsir kereta Pertamina yang dampaknya dapat menimbulkan kemacetan. Salah satu kunci untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan membagi waktu langsir menjadi 2 fase sesuai pada analisis alternatif II dimana antrian kendaraan menjadi lebih kecil yaitu sebesar 35,3 smp dan waktu tundaan sebesar 290 detik/smp, serta merubah jadwal langsir pada waktu off peak (waktu lalu lintas tidak sibuk). Kata kunci : V/C Ratio, Tundaan, Panjang Antrian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:08
Last Modified: 21 Oct 2021 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item View Item