TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN EKSPEDISI TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT KETERLAMBATAN PENGIRIMAN, HILANG ATAU RUSAKNYA BENDA DI JET AND TONY EXPRESS (JNT) TLOGOSARI

Wiguno, Raharjo Gigih Kusumo (2020) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN EKSPEDISI TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT KETERLAMBATAN PENGIRIMAN, HILANG ATAU RUSAKNYA BENDA DI JET AND TONY EXPRESS (JNT) TLOGOSARI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (451kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (169kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (163kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (390kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (331kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (411kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Pengangkutan adalah perjanjian timbal - balik antara perusahaan pengangkut dengan pengirim dan/atau penerima dalam hal ini sebagai konsumen, di mana perusahaan pengangkut mengikatkan diri untuk menyelenggarakan pengangkutan benda dan/atau orang dari suatu tempat ke tempat tujuan tertentu dengan selamat, sedangkan pengirim dan/atau penerima benda mengikatkan diri untuk membayar uang angkutan atau jasa angkutan. Dalam penulisan penelitian hukum ini tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui prosedur pengiriman benda di P.T Jet And Tony Express Tlogosari dan untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan ekspedisi P.T Jet And Tony Express Tlogosari jika terjadi keterlambatan, hilang/rusaknya benda saat pengiriman. Dalam penulisan penelitian hukum ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian dilakukan terhadap keadaan nyata masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta. Dan penelitian ini bersifat deskriptif, karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara detail mengenai Tanggung Jawab perusahaan ekspedisi / eskpeditur jika terjadi keterlambatan pengiriman, kehilangan / rusaknya benda pada P.T Jet And Tony Express Tlogosari. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, data primer terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur pengiriman benda di P.T Jet And Tony Express Tlogosari dan bagaimana tanggung jawab perusahaan ekspedisi P.T Jet And Tony Express Tlogosari jika terjadi keterlambatan, hilang/rusaknya benda saat pengiriman. Dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ini dalam proses pengiriman benda yang dilakukan oleh P.T Jet And Tony Express Tlogosari terdapat suatu aturan yang harus dipenuhi dan prosedur yang harus dijalankan. Ada juga terdapat larangan untuk mengirimkan benda tertentu. Jika ada salah satu aturan yang tidak dipenuhi maka petugas Jet And Tony Express akan menolak untuk mengirimkan benda tersebut. Sedangkan tanggung jawab P.T Jet And Tony Express Tlogosari atas kehilangan, kerusakan benda jika disebabkan oleh P.T Jet And Tony Express. P.T Jet And Tony Express akan mengganti kerusakan atau kehilangan benda sebesar maksimal 10 kali biaya atau ongkos kirim benda tersebut. Jika terjadi keterlambatan terhadap pengiriman benda maka Jet And Tony Express tidak akan memberikan kompensasi. Dan apabila benda tersebut hilang atau rusak saat proses pengiriman ke alamat konsumen ( sudah dibawa oleh sprinter ) maka hal tersebut menjadi tanggung jawab penuh sprinter. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Pengangkutan, Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:01
Last Modified: 11 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20322

Actions (login required)

View Item View Item