PERAN NOTARIS DALAM PELAKSANAAN PENGAMBILALIHAN ASET DEBITOR (AYDA) UNTUK MENGATASI PENYELESAIAN KREDIT MACET (Studi Kasus Perbankan Kabupaten Pati)

HARTINI, HARTINI (2020) PERAN NOTARIS DALAM PELAKSANAAN PENGAMBILALIHAN ASET DEBITOR (AYDA) UNTUK MENGATASI PENYELESAIAN KREDIT MACET (Studi Kasus Perbankan Kabupaten Pati). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan Bank dalam Pengambilalihan Aset Debitor (AYDA) untuk menyelesaikan kredit macet. Oleh karena itu, Penulis tertarik menulis Tesis yang berjudul “Peran Notaris Dalam Pelaksanaan Pengambilalihan Aset Debitor (AYDA) untuk Mengatasi Penyelesaian Kredit Macet (Studi Kasus di Perbankan Kabupaten Pati)”. Adapun permasalahannya : (1) Bagaimana Pelaksanaan Penyelesaian Kredit Macet melalui AYDA di Bank Jateng Pati?; (2) Bagaimana Peran Notaris dalam Pelaksanaan AYDA di Bank Jateng Pati?; dan (3) Apa Hambatan-hambatan dan solusinya di dalam Pelaksanaan Penyelesaian Kredit Macet melalui AYDA di Bank Jateng Pati?. Tujuan Penelitian untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan AYDA di Bank Jateng Pati; (2) Peran Notaris dalam Pelaksanaan AYDA di Bank Jateng Pati; dan (3) Hambatan-hambatan dan solusinya di dalam Pelaksanaan AYDA di Bank Jateng Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris, dengan Spesifikasi Penelitian yang bersifat Deskriptif Analitis. Lokasi di Bank Jateng Cabang Pati, dengan populasi semua Pihak/Instansi yang terkait dengan proses Penyelesaian Kredit Macet pada Bank Jateng Cabang Pati. Teknik pengumpulan data melalui Data Primer : Wawancara, dan Data Sekunder : Bahan Hukum Primer, Bahan Hukum Sekunder, dan Bahan Hukum Tersier. Teknik Analisis Data : (1) menganalisis data secara deskriptif kualitatif; dan (2) menarik Simpulan secara deduktif. Hasil Analisis Data disimpulkan: (1) Pelaksanaan AYDA dilakukan melalui: (a) Penyerahan Sukarela oleh Debitor, dilakukan dengan membuat Perjanjian Penyerahan Aset/Penyelesaian Kredit, melalui Akta Jual Beli atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli; (b) Lelang Hak Tanggungan via KPKNL/Kantor Lelang Negara melalui Risalah Lelang; dan (c) Pengambilalihan melalui Proses Hukum/Litigasi/Lelang Eksekusi via Pengadilan Negeri melalui Risalah Lelang; (2) Peran Notaris dalam Pelaksanaan AYDA dengan membuat Akta-akta Autentik, yaitu : Akta Jual Beli atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli dan akta-akta pendukung, yaitu: Akta Perjanjian Penyelesaian Hutang dengan Penyerahan Barang Jaminan, Akta Pernyataan, Akta Surat Kuasa untuk Menjual, Akta Perjanjian Pengosongan; dan (3) Hambatan-hambatan pelaksanaan AYDA berasal dari : (a) Pihak Debitor, terjadi karena Debitor tidak kooperatif dalam menyelesaikan kreditnya yang macet; (b) Pihak Ketiga, dalam hal ini terutama pemilik dari tanah dan bangunan yang dijaminkan oleh Debitor kepada bank selaku Kreditor. Pihak ketiga sering kali melakukan perlawanan pada saat Proses Eksekusi Agunan yang akan diambil alih; dan (c) Pihak Negara melalui ketentuan Perundang-undangan. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut melalui Efektivitas dan Efisiensi pelaksanaan AYDA. Kata kunci : Notaris, AYDA, Kredit Macet

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:03
Last Modified: 16 Apr 2021 07:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item View Item