HUBUNGAN PENERAPAN SIMPUS PADA BAGIAN LOKET PENDAFTARAN DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi Observasional di Puskesmas Wilayah Semarang)

Lestari, Dewi Ratna Ayu (2020) HUBUNGAN PENERAPAN SIMPUS PADA BAGIAN LOKET PENDAFTARAN DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi Observasional di Puskesmas Wilayah Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan puskesmas, kepuasaan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan mereka. Loket pendaftaran memegang peranan penting dalam pelayanan pertama di puskesmas, dengan penerapan SIMPUS dapatkah memberikan kesan kepada pasien terhadap peningkatan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan SIMPUS bagian loket pendaftaran dengan kepuasan pasien. Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional dengan menilai faktor-faktor dalam penerapan SIMPUS pada bagian loket pendaftaran kepada operator. Selanjutnya pasien pada FKTP bersangkutan mengisi kuesioner kepuasan terhadap pelayanan SIMPUS loket pendaftaran. Data dianalisis dengan secara univariat dan dilanjutkan uji bivariat menggunakan uji korelasi Pearson dan Spearman. Hasil analisa hubungan indikator teknologi dengan angka kepuasan pasien didapatkan nilai p = 0,026 dan nilai r = 0,865. Tedapat hubungan antara indikator teknologi terhadap angka kepuasan pasien (p>0,05). Semua variabel indikator pengelolaan SIMPUS, tidak ada yang yang memiliki hubungan dengan dimensi kepuasan pasien (p>0,05). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara indikator penerapan SIMPUS bagian loket berupa indikator teknologi dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kota Semarang. Sedangkan pada dua indikator yang lain yaitu indikator manusia dan indikator organisai tidak berhubungan dengan kepuasan pasien. Kata kunci : Kepuasan, SIMPUS bagian Loket Pendaftaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:58
Last Modified: 23 Apr 2021 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19616

Actions (login required)

View Item View Item