EXPERIMENTASI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

ARDIYANA, MITHA (2020) EXPERIMENTASI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (800kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar SKI dikarenakan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar dan merasa kesulitan untuk mengingat materi yang kemungkinan besar disebabkan karena strategi mengajar yang diterapkan oleh guru belum mampu memaksimalkanhasil belajar peserta didik di kelas VII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto design. Sampel penelitian membutuhkan 2 kelas yang terdiri dari 25 peserta didik di kelas VII A2 sebagai kelas kontroldan 25 peserta didik di kelas VII A5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sistem random. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis multiple choice dan daftar dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata yang menggunakan strategi ekspository. Hal ini terlihat berdasarkan hasil analisis data nilai rata-rata kelas eksperimen 78,97 dan kelas control 69,84. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program SPSS nilai t hitung = 3,367 > t table = 2,00 . Dengan demikian nilai thitung> ttabel bahwa terdapat pengaruh expost facto mind mapping dalam pembelajaran SKI di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci : Experimentasi, mind mapping, sejarah kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:58
Last Modified: 21 Apr 2021 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19510

Actions (login required)

View Item View Item