IMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA-TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN DEMAK

KASANAH, KASANAH (2020) IMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA-TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Peran guru sangat penting untuk perkembangan skill peserta didik, begitupun dengan metode yang digunakan dalam pengajaran seorang guru, harus sesuai dengan apa yang diajarkan. Sangat diapresiasi guru masa kini sangat mengutamakan metode pembelajaran agar peserta didik tidak merasa bosan dan peserta didik mudah menerima pelajaran yang disajikan pendidik. Tidak pula dapat dipungkiri bahwasannya mata pelajaran yang sulit untuk dipahamai salah satunya adalah bahasa arab, dimana hanya orang-orang tertentu saja yang paham dengan mata pelajaran satu ini. Maka dari itu peran guru sebagai motivator sangat diperlukan guna perkembangan kepahaman peserta didik. Melalui metode gramatika-tarjamah sangat diharapkan peserta didik dapat mudah dalam memahami pembelajaran Bahasa Arab. Berangkat dari hal tersebut, penulis akan membahas tentang implementasi metode gramatika-terjamah dalam pembelajaran bahasa Arab di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen. Permasalahan yang dapat diangkat yaitu pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode gramatika-tarjamah di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen; kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode gramatika-tarjamah di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen; yang ketiga, bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode gramatika-tarjamah di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen. Artikel ini merupakan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang penulis lakukan di Mts Futuhiyyah 2 Mranggen. Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa guru pengampu mapel bahasa Arab telah menggunakan metode gramatika-tarjamah guna memudahkan peserta didik dalam hal menangkap, mencerna serta menguasai materi yang disampaikan. Kata kunci: metode pembelajaran, Bahasa Arab, gramatika-tarjamah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:42
Last Modified: 21 Apr 2021 06:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19468

Actions (login required)

View Item View Item