IMPLEMENTASI METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MA THORIQOTUL ULUM PATI

ROHMAN, ABDUR (2020) IMPLEMENTASI METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MA THORIQOTUL ULUM PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode kisah atau cerita yaitu salah satu metode kontemporer yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Metode ini melatih peserta didik untuk memahami dan menangkap daya ingat dalam memahami pelajaran. Metode Kisah di terapkan dalam kegiatan pembelajaran di MA Thoriqotul Ulum untuk mempelajari pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) terkususnya dalam bercerita, serta mengamalkan hikmah dari kisah tersebut kedalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu peneliti menarik judul penelitian yaitu “ Implementasi Metode Kisah Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Thoriqotul Ulum Pati”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan metode kisah dalam pembelajaran SKI di MA Thoriqotul Ulum Pati, untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode kisah dalam pembelajaran SKI di MA Thoriqotul Ulum Pati, untuk mendeskripsikan evaluasi metode kisah dalam pembelajaran SKI di MA Thoriqotul Ulum Pati. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field reseach) merupakan suatu penelitian kualitatif yang langsung mengambil data atau informasi secara langsug yang berlatar belakang di MA thoriqotul Ulum Pati, pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber dari penelitian ini ada dua yakni data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dari kepala sekolah dan guru pengampu mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi pihak tata usaha sekolah . analisis data disini ada tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data yang telah diperoleh. Bisa disimpulkan 1.) Perencanaan metode kisah dalam pembelajaran SKI di MA Thoriqotul Ulum Pati sudah cukup baik, perencanaan disusun dalam bentuk RPP disertai silabus. 2.)Pelaksanaan metode kisah dalam pembelajaran SKI di MA Thoriqotul Ulum Pati berjalan dengan baik dan efektif. Karena pendidik sudah melakukan langkah-langkah pembelajaran, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran serta peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar, juga mampu mengikuti pelaksanaan pembelajaran dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan. 3.) Evaluasi metode kisah dalam pembelajaran SKI di MA Thoriqotul Ulum Pati dinilai sudah baik, karena pendidik sudah mampu melakukan penilaian secara objektif berdasarkan hasil pengamatan dari penyampaian materi sampai dengan akhir pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode kisah. Pendidik juga mampu mendapatkan beberapa kendala dalam pembelajaran serta memberikan solusi dari setiap kendala yang dihadapi baik oleh pendidik ataupun peserta didik. Kata Kunci: Metode Kisah, SKI, MA Thoriqotul Ulum Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:11
Last Modified: 21 Apr 2021 04:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19392

Actions (login required)

View Item View Item