POLA INTERAKSI EDUKATIF PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR PAI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SDIT Nurul Iman Semarang)

MASYHAR, ALI (2020) POLA INTERAKSI EDUKATIF PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR PAI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SDIT Nurul Iman Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER_1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari yang namanya interaksi dalam kehidupan sehari-harinya, begitu pula peserta didik dalam proses belajar mengajar akan terjadi interaksi baik dengan guru maupun peserta didik lainnya. Interaksi dalam proses belajar mengajar bisa disebut juga interaksi edukatif. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi edukatif pada proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SDIT Nurul Iman Semarang dan bagaimana pola interaksi edukatif tersebut dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV SDIT Nurul Iman Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan metode kualitatif yang lebih menekankan pada diskripsi data yang diperoleh melalui penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik deskriptif yang penerapannya dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pola interaksi edukatif yang sering digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar adalah menggunakan pola interaksi dua arah dengan adanya interaksi hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik. (2) sedangkan dengan adanya pola interaksi edukatif dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV di SDIT Nurul Iman Semarang, dilihat dari perbedaan keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar pada saat guru menerapkan pola interaksi satu arah peserta didik lebih banyak yang pasif, sementara saat menggunakan pola interaksi dua arah keaktifan peserta didik meningkat. Kata kunci: Pola Interaksi Edukatif, Proses Belajar Mengajar, Keaktifan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 08:11
Last Modified: 08 Apr 2021 08:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19278

Actions (login required)

View Item View Item