EVALUASI KINERJA RUAS JALAN KYAI JEBAT KOTA DEMAK PASCA BERLAKUNYA SISTEM SATU ARAH (SSA) (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Depan Kantor Bupati Demak Sampai Depan BAPPEDA Demak)

DHOHIRI, GURUH HAZAM and HILMI, KHAFID (2020) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN KYAI JEBAT KOTA DEMAK PASCA BERLAKUNYA SISTEM SATU ARAH (SSA) (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Depan Kantor Bupati Demak Sampai Depan BAPPEDA Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (749kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (329kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (197kB)
[img] Text
abstraksi.pdf

Download (198kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jalan Kyai Jebat merupakan salah satu ruassjalan yang menjadi letak dari pusat kantor pemerintahan kota Demak, pusat perekonomian, dannpusat pendidikan di Kota Demak, juga termasuk sebagai sarana lalu lintas yang dinilai cukup penting sebagai jalan kolektor primer dengan tingkatimobilitas yang tinggi. Permasalahannyang terjadi pada ruas jalan Kyai Jebat diantaranya, yaitu tingginya intensitasaarus lalu lintas yang melewati ruas jalan tersebut, sehingga menimbulkankkemacetan pada ruas jalan Kyai Jebat. Untuk mengurai kepadatan lalu lintas tersebut, langkah yang diambil oleh pemerintah Kota Demak, yaitu dengan diberlakukannya sistem satu arah (SSA) di ruas jalan Kyai Jebat pada simpul RM Bambu sampai simpul Pemuda pada tanggal 12 Maret 2018. Analisis kinerja pada ruas jalan Kyai Jebat dilakukan dengan menggunakannberbagai macam indikator kinerja sepertiiarus lalu lintas (Q) puncak harian, hambatan samping (Side Friction/SF), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), kecepatan arus bebas (Free Flow Speed/FV) , kecepatan tempuh dan waktu tempuh rata-rata (Traveling Time/TT), dan juga menganalisis suatu tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada ruas jalan Kyai Jebat. Berdasarkan dari hasil analisis pada segmen jalan Kyai Jebat yang dilakukan pada bulan Mei tahun 2018 didapatkan nilaiiarus lalu lintas (Q) puncak harian = 2114,45 smp/jam, hambatan samping (SF) = 389,3 kapasitas (C) = 2838 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,74 yang sudah memenuhi nilai derajat kejenuhan yang telah disyaratkan MKJI yakni 0,75 untuk suatu jalannperkotaan, kecepatan arus bebas (FV) = 49,59 km/jam, kecepatan tempuh (V) = 41 km/jam, waktu tempuh rata-rata (TT) = 7,99 detik dan tingkat pelayanan (LOS) dikategorikan dalam tingkat pelayanan C. Setelah dilakukan perbandingan hasil kinerja ruas jalan Kyai Jebat sebelum dan pasca berlakunya Sistem Satu Arah (SSA), maka dapat terlihat bahwa ruas jalan Kyai Jebat Kota Demak sudah mengalami peningkatan kinerja. Meningkatnya kinerja ruas jalan Kyai Jebat Kota Demak mencerminkan bahwa Sistem Satu Arah (SSA) yang diberlakukan sejak 12 Maret 2018 dinilai cukup berhasil. Kata kunci: Jalan Kyai Jebat, Kinerja Ruas Jalan, Sistem Satu Arah, Tingkat Pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:56
Last Modified: 15 Apr 2021 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18972

Actions (login required)

View Item View Item