ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL TEOREMA PHYTAGORAS

Silvia Karim, Gina (2020) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL TEOREMA PHYTAGORAS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Berpikir kreatif dalam era sekarang ini merupakan suatu hal yang harus dimiliki dikarenakan persaingan yang semakin ketat. Dalam berpikir kreatif pastinya melewati proses berpikir kreatif yang merupakan tahapan seseorang dalam menemukan berbagai ide untuk menyelesaikan suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal teorema Phytagoras pada siswa SMP Negeri 6 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah minimal 2 siswa dalam kategori kemampuan berpikir kreatif tinggi, minimal 2 siswa dengan kategori kemampuan berpikir kreatif sedang, dan minimal 2 siswa dengan kategori kemampuan berpikir kreatif rendah. Pengambilan subjek tersebut berdasarkan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal teorema Phytagoras berdasarkan tahapan Siswono yang terdiri atas tahap mensintesis ide, membangun ide, lalu merencanakan penerapan ide dan menerapkan ide menunjukkan proses yang berbeda untuk tiap kategori dan hambatan yang berbeda juga. Hambatan yang dilalui siswa adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap soal dan kurangnya ide yang dimunculkan. Hal tersebut dapat terjadi berdasarkan kapasitas kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa, pengalaman belajar siswa, pengalaman sehari-hari siswa dan keyakinan siswa dalam memecahkan masalah. Dengan diketahuinya hambatan dan tahapan siswa dalam proses berpikir kreatif, siswa diharap dapat mengasah pemahamannya terhadap masalah dalam soal dengan mengerjakan soal-soal dengan indikator kemampuan berpikir kreatif di dalamnya dan siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya dan guru dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Proses Berpikir Kreatif, Tahapan Siswono, Teorema Phytagoras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:55
Last Modified: 15 Apr 2021 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18970

Actions (login required)

View Item View Item