STRATEGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP EVALUASI SUPPLIER BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN TAGUCHI LOSS FUNCTION (Studi Kasus di CV Karya Manunggal)

FAUZIYAH, NUR (2020) STRATEGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP EVALUASI SUPPLIER BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN TAGUCHI LOSS FUNCTION (Studi Kasus di CV Karya Manunggal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (13kB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (790kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (489kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

CV Karya Manunggal merupakan perusahaan manufaktur yang membarang berbagai jenis sarung tangan. Barang yang dihasilkan diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Australia, dan negara-negara di Eropa. Tingginya tingkat persaingan bisnis dalam industri garmen membuat CV. Karya Manunggal harus meningkatkan kinerjanya, dan mengoptimalkan segala sumber daya yang dimilikinya. CV. Karya Manunggal mengalami permasalahan dari pihak Suplier yaitu tidak sesuainya dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan seperti harga, kualitas, ketersediaan, pengiriman, pelayanannya, dan beberapa kriteria subjektif seperti respon yang cepat saat menjawab klarifikasi maupun negosiasi, kemudahan dihubungi pada situasi tertentu, kemampuan memberikan kelengkapan dokumen dan kemampuan memberikan penawaran harga tepat waktu. Ketidaksesuainya bahan baku, ketersedian serta pengiriman bahan baku yang menyebabkan nilai kerugian perusahaan. Sehingga perusahaan perlu melakukan penilaian terhadap Suplier agar dapat diketahui kriteria yang berpengaruh dalam penilaian Suplier dan untuk mengetahui kerugian yang ditimbulkan oleh tiap-tiap Suplier melalui nilai Loss Function dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process dan Taguchi Loss Function. Dari hasil perhitungan dan juga pembobotan Suplier terhadap 7 kriteria dan 19 subkriteria berdasarkan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process didapatkan hasil bahwa PT. Sejati Jaya Manunggal Prima mempunyai nilai tertinggi sebesar 6,14, lalu PT. Sinar Pangjaya Mulia Textile sebesar 6,36, selanjutnya PT. Samcro Hyosung Adilestari sebesar 6,30 dan PT. Sung Chia Yi mempunyai nilai terkecil sebesar 6,14. Untuk total nilai akhir kerugian yang di hitung dengan metode Taguchi Loss Function didapatkan Suplier tertinggi hingga nilai terendahi, yaitu PT. Sung Chia Yi sebesar Rp 11.090.928.864,98, Suplier PT. Sejati Jaya Manunggal Prima sebesar Rp 1.473.325.773,98, Suplier PT. Samcro Hyosung Adilestari sebesar Rp 357.854.318,10 dan Suplier PT. Sinar Pangjaya Mulia Textile sebesar Rp 46.212.791,63.Sehingga dapat dikatakan bahwa PT. Sinar Pangjaya Mulia Textile merupakan supplier dengan kinerja terbaik dan PT. Sung Chia Yi merupakan supplier dengan kinerja terburuk. Kata Kunci : PT. Karya Manunggal, Evaluasi Suplier, AHP, Fuzzy AHP, Taguchi Loss Function

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:28
Last Modified: 14 Apr 2021 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18907

Actions (login required)

View Item View Item