PENGEMBANGAN MEDIA ISLAMIC MATH COMICS DALAM MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA MATERI PERBANDINGAN

Vera Alif Hazira, Kurnia (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ISLAMIC MATH COMICS DALAM MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA MATERI PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Islamich Math Comics dalam meningkatkan literasi matematis siswa pada materi perbandingan. Islamic Math Comics merupakan komik matematika materi perbandingan bernuansa islami dengan tujuan untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Alasannya karena berdasarkan kondisi yang ada siswa masih mengalami kesulitan memahami masalah dalam soal cerita perbandingan, buku pembelajaran masih terpaku menggunakan buku pemerintah saja yang didalamnya masih cenderung kurang fleksibel, selain itu juga banyak tulisan soal cerita perbandingan yang membuat siswa mudah bosan dan malas membaca. Karena kurangnya literasi matematika berdampak pada kasus siswa kesulitan dalam memilih atau menerjemahkan atau menggunakan sebuah tabel atau gambar atau rumus untuk menggambarkan permasalahan menjadi lebih jelas, dan kasus siswa kesulitan dalam mengunakan strategi untuk memecahkan beberapa masalah. Jenis penelitian ini berupa pengembangan R&D (research & development) menggunakan metode ADDIE (analyze, design, develop, implement, and evaluate). Pada penelitian pengembangan media Islamic Math Comics, produk tersebut akan dilakukan validasi (ahli materi, ahli media, dan guru matematika), analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan suatu media. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi tes (pre-test dan post-test), angket lembar validasi, angket respon siswa dan guru, serta angket motivasi. Pada penelitian ini, berdasarkan pengumpulan data dan informasi dilapangan media Islamic Math Comics memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan, namun hal ini tidak terlepas dari beberapa saran untuk dilakukan revisi produk dari media Islamic Math Comics tersebut. Media Islamic Math Comics mendapat nilai validitas sebesar 3,09 (sangat layak) digunakan berdasarkan penilaian dari validator ahli media, ahli materi, dan guru matematika, mendapat nilai respon tingkat kepraktisan sebesar 3,55 (sangat baik) digunakan berdasarkan penilaian dari angket respon guru, mendapat nilai respon tingkat kepraktisan sebesar 3,53 (sangat baik) digunakan berdasarkan penilaian dari angket respon siswa, dan mendapat kriteria efektif digunakan pada uji lapangan yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Kata Kunci : Literasi Matematis, Media Islamich Math Comics, Materi Perbandingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:27
Last Modified: 14 Apr 2021 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18904

Actions (login required)

View Item View Item