PROSES PENGAJUAN PERTANYAAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PROBLEMS WITH NO SPECIFIED UNIVERSAL SET GIVEN PADA MATERI SEGIEMPAT

Candrawati Dewi, Fatimah (2020) PROSES PENGAJUAN PERTANYAAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PROBLEMS WITH NO SPECIFIED UNIVERSAL SET GIVEN PADA MATERI SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Proses pengajuan pertanyaan merupakan sebuah prosedur atau langkah dimana siswa ingin mendapatkan sebuah informasi tertentu. Siswa dalam menyelesaikan sebuah persoalan geometri harus mampu membayangkan serta menginterpretasi hal-hal yang tidak nyata seperti halnya ketika menyelesaikan masalah bangun segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengajuan pertanyaan siswa dalam menyelesaikan problems with no specified universal set given pada materi segiempat. Dalam penelitian ini, proses pengajuan pertanyaan disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini dipilih dari siswa kelas IX MTs Ma’arif Jumo yang tinggal Pondok Pesantren Al-Falah Kalibarang Padureso Jumo Temanggung yang terdiri dari 19 siswa. Subjek terpilih ditentukan berdasarkan jawaban yang diberikan oleh siswa dengan minimal dua jawaban kemungkinan disertai dengan alasan dan bukti yang mendukung. Berdasarkan hasil tes, terpilih tiga subjek penelitian. Satu subjek dengan dua jawaban kemungkinan (Tipe 1), satu subjek dengan tiga jawaban kemungkinan (Tipe 2) dan satu subjek dengan empat jawaban kemungkinan (Tipe 3). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa dalam proses pengajuan pertanyaan pada setiap siswa berbeda-beda tergantung jawaban yang diberikan. Subjek Tipe 1 dalam proses pengajuan pertanyaan melewati tiga tahapan yaitu enabling action, thinking critically, dan closing a session. Subjek Tipe 2 melewati empat tahapan proses pengajuan pertanyaan yaitu enabling action, thinking critically, addressing issues dan closing a session. Subjek Tipe 3 dalam proses pengajuan pertanyaan melewati tiga tahapan yaitu enabling action, thinking critically, dan closing a session. Subjek Tipe 1 pada tahap addressing issues tidak ada pertanyaan yang diajukan dikarenakan subjek Tipe 1 tidak mencoba kemungkinan-kemungkinan luas segiempat yang lain. Subjek Tipe 1 bingung sehingga tidak ada pertanyaan mengenai bagiamana kemungkinan luas segiempat yang lain. Berbeda dengan subjek Tipe 1, subjek Tipe 3 telah mencoba semua kemungkinan luas segiempat yang lain, sehingga subjek Tipe 3 telah yakin dengan permasalahan yang diatasi sehingga tidak ada pertanyaan pada tahap addressing issues Kata Kunci: Pengajuan Pertanyaan, Proses Pengajuan Pertanyaan, Problems With No Specified Universal Set Given (PWNSUS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:25
Last Modified: 14 Apr 2021 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18902

Actions (login required)

View Item View Item