IMPLEMENTASI INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SDN DEPOK 01

Mushthofiyah, Mushthofiyah (2020) IMPLEMENTASI INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SDN DEPOK 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (919kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari adanya kebiasaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen penilaian klasik di Sekolah Dasar Negeri Depok 01 Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Penelitian fokus melaksanakan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok serta mencari hasil implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash di SDN Depok 01. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan implementasi dan memberi pengetahuan hasil implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok di SDN Depok 01. Desain penelitian merupakan deskriptif kualitatf yaitu penelitian menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok menggunakan instrumen penilaian berbasis macromedia flash yang dilakukan oleh sumber data primer yaitu guru dan siswa kelas V, wawancara dengan sumber data, lalu didokumentasikan dalam bentuk gambar/foto dan catatan lapangan. Keabsahan data penelitian menggunakan uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), dan uji dependability (obyektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaaan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pemebelajaran volume kubus dan balok di kelas V SDN Depok 01 berjalan sangat baik. Dalam mengimplementasikan instrumen penilaian berbasis macromedia flash pembelajaran volume kubus dan balok di SDN Depok 01 berakibat kurang baik dalam memenuhi syarat alat evaluasi yang baik. Beragam pendapat dari guru kelas V SDN Depok 01 sesuai dengan teori mengenai pelaksanaan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok. Hasil implementasi dapat diketahui berdasarkan aspek dari guru, siswa, dan sekolah sesuai situasi sosial penelitian. Kata Kunci : Instrumen Penilaian berbasis macromedia flash, Evaluasi Pembelajaran Volume Kubus dan Balok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:51
Last Modified: 24 Mar 2021 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18871

Actions (login required)

View Item View Item