PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KERAGAMAN RUMAH ADAT DI INDONESIA BERBENTUK BUKU BERGAMBAR UNTUK MENSUKSESKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Fineriesma, Afina (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KERAGAMAN RUMAH ADAT DI INDONESIA BERBENTUK BUKU BERGAMBAR UNTUK MENSUKSESKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (516kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari produk buku bergambar pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku dan budaya. Produk buku bergambar materi keragaman rumah adat di Indonesia dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru terhadap sumber referensi lain dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Pengembangan produk buku bergambar menggunakan model pengembangan ADDIE yang berisi 5 tahapan, berdasarkan hal tersebut, diperoleh hasil penelitian antara lain: (1) Hasil validasi dari 2 ahli diperoleh pada komponen bahan ajar jumlah skor 37 dengan validitas 0,925 dalam kriteria “Validitas Tinggi”. Untuk komponen buku bergambar, pada aspek tampilan jumlah skor 35 dengan validitas 0,875 dalam kriteria “Validitas Tinggi”. Sementara pada aspek materi jumlah skor 52 validitas 0,8125 dalam kriteria “Validitas Tinggi”. (2) hasil uji kelayakan kepada dua guru kelas diperoleh guru kelas IVa memberikan skor 88 dengan persentase 97,7% dalam kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan, guru kelas IVb memberikan skor 87 dengan persentase 96,6% dalam kriteria “Sangat layak”. (3) hasil uji kelayakan kepada 30 peserta didik diperoleh skor 290 dengan persentase 96,6% sehingga termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan produk buku bergambar dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dan buku bacaan pada pembelajaran. Kata kunci: Bahan ajar, buku bergambar, keragaman rumah adat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:39
Last Modified: 09 Apr 2021 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18791

Actions (login required)

View Item View Item