PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD

Inayah, Nurul (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (598kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (532kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran cerita bergambar interaktif pada pembelajaran tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran terutama pemanfaatan teknologi sehingga siswa merasa bosan, kurang aktif dan kurang dapat memahami materi secara optimal, sedangkan guru memiliki keterbatasan dalam memberikan materi dan menjadi pusat informasi bagi siswa. Adanya pengembangan produk ini dapat membantu siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada penelitian ini memperoleh hasil penelitian antara lain: (1) Kelayakan media diperoleh dari hasil validasi oleh 5 validator memperoleh rata-rata 0,83 untuk indikator kualitas isi dan tujuan, indikator kualitas instruksional memperoleh rata-rata 0,84 dan indikator kualitas teknis memperoleh rata-rata 0,83. Jumlah rata-rata semua indikator adalah 0,83 dengan kategori “sangat valid”. (2) Kepraktisan media memperoleh persentase 98% dalam kategori “sangat layak” dari respon guru dan 96% dalam kategori “sangat layak” dari respon siswa. (3) Keefektifan dihitung dengan uji gain sebesar 0,56 menunjukan peningkatan hasil belajar siswa pada kategori “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran cerita bergambar interaktif dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan pada siswa kelas III SDN 1 Kecapi Jepara. Kata kunci : Media Pembelajaran, Cerita Bergambar Interaktif, Pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:25
Last Modified: 19 Apr 2021 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18787

Actions (login required)

View Item View Item